Bhabinkantibmas Polsek Pule Mengikuti Sosialisasi Aplikasi Data di Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – Kegiatan yang dibuka Kasat Binmas Trenggalek AKP Suyono, SH,MH dalam rangka mengaplikasikan pendataan kembali anggota personel Polres Trenggalek yang tergabung dalam Bhabinkamtibmas, baik yang berada pada tingkat Polsek jajaran Polres Trenggalek maupun di tingkat Polres Trenggalek, Selasa (1/8). Dalam Kegiatan yang di laksanakan di Polres Trenggalek, dari Polsek Pule mengirimkan semua personelnya yang bertugas menjadi Bhabinkamtibmas ke Polres Trenggalek.

Arahan yang disampaikan Kasat Binmas terkait peran Bhabinkamtibmas, kinerja Bhabinkamtibmas merupakan dinas dalam kepolisian yang mendapat apresiasi bagus bapak Presiden Jokowi. Menurut informasi yang diterima, pemberian penghargaan akan disampaikan dalam peringatan hari Proklamasi RI yang ke 72 kepada personel Polri dalam tugas Bhabinkamtibmas. yang mana bentuk penghargaan akan diberikan kepada Bhabinkamtibmas yang dinilai telah mampu melaksanakan tugasnya diwilayah dengan baik, dan mampu menggerakan dan inspirasi warga dalam memelihara Kamtibmas.

Kedepan dalam menunjang kedinasan para Bhabinkamtibmas Polres Trenggalek akan dilengkapi dengan ID card Bhabinkamtibmas, dalam menunjang percepatan informasi yang dibutuhkan. Dalam prakteknya nanti ID Card yang dilengkapi dengan nomor telepon Bhabinkamtibmas, akan disampaikan ke pada warga ditiap desa binaan. Minimal untuk didesa harus sampai pada tingkat Rukun Tetangga, karena merupakan implementasi penugasan sebagai ujung tombak di masyarakat Bhabinkamtibmas diawali dari lingkup terkecil.

Menurut Kasat Binmas Polres Trenggalek AKP Suyono, SH, MH, keberadaan Bhabinkamtibmas di desa sejajar dengan kepala desa dan Babinsa. Dari struktur yang sama -sama memegang tanggung jawab dalam hal situasi Kamtibmas, minimal kemampuan dan berfikirnya Bhabinkamtibmas sama dengan kepala desa yang menjadi mitra kerjanya di desa.

“Jangan kawatir dalam menunjang transportasi bagi Bhabinkamtibmas di desa, nanti akan turun sepeda motor dinas KLX yang diprioritaskan bagi bhabinkamtibmas di daerah pegunungan. Kita harapkan segera turun dan bisa memberikan dukungan tugas rekan Bhabinkamtibmas di desa, ” Kata AKP Suyono di hadapan para Bhabinkamtibmas, di Masjid Baitul Mutaqim, Polres Trenggalek.