Polsek Pogalan Cek Sembako Beras di Pasar Bendorejo

Polres Trenggalek – Dalam menjamin kelayakan bahan pangan dan kenaikan harga, Polsek Pogalan Polres Trenggalek melaksanakan pengecekan sembako di tiap kios dalam pasar tradisional Bendorejo Pogalan, Selasa (01/08).pagi.

Pelaksanaan ini dilakukan oleh 3 personil Polsek Pogalan yaitu Aiptu Kuwat Gianto.S.H sebagai Ps. Kanit Reskrim .Bripka Nurman sebagai Babinkamtibmas Desa Bendorejo dan Bripka Yuni Iswahyudi anggota Reskrim. Dengan mengecek satu persatu kios bahan pangan di pasar tradisional Bendorejo tepatnya di kios Ibu Tutik, 48 Th, alamat Rt 08/04 Desa Krandegan Kecamatan Gandusari Trenggalek Aiptu Kuat Gianto., S.H. dan anggotanya meneliti kelayakan konsumsi dan kenaikan maupun penurunan harga.

“Harga beras berasal dari penggilingan lokal perkilonya seharga Rp. 8.500,-. Persak sebanyak 25 Kilogram dengan harga Rp. 85.000,- beras ini distribusi dari masyarakat dan persediaan di kios saya tinggal 10 Sak “. Kata ibu Tutik pemilik kios.

Hal ini sangat penting dilakukan sebagai antisipasi adanya kecurangan pedagang, suatu usaha untuk memberikan keamanan bagi konsumen agar kesehatan tetap terjamin, selain itu menghindarkan konsumen dari kerugian.

Pelaksanaan pengecekan bahan sembakau berupa betas ini berlangsung sekitar setengah jam tiap-tiap kios. Selama kegiatan berjalan dengan aman, lancar, dan terkendali dan tidak ada pelanggaran. Para pedagang merasa lebih senang jika dilakukan pengecekan di pasar karena lebih menjamin adanya kejujuran dari pedagang.

Polsek Pogalan akan berusaha untuk melaksanakan pengecekan baik di pasar tradisional maupun pasar modern secara rutin dan berkala sehingga kecurangan dalam berdagang tidak terjadi di wilayah Pogalan.