Tahun Keselamatan Berlalu Lintas, Satlantas Polres Trenggalek Bagi-Bagi Helm Cantik

Polres Trenggalek – Kegigihan Satlantas Polres Trenggalek dalam membina dan menegakkan disiplin berlalu lintas patut diacungi jempol. Bagaimana tidak, hampir setiap hari tanpa mengenal lelah polisi yang identik dengan sabuk putih ini blusukan ke sekolah, dinas/instansi hingga pelosok desa untuk memberikan sosialisasi dan membangun wawasan tentang keselamatan berlalu lintas.

Pola preemtif, preventif dan represif berupa penegakan hukum bidang lalu lintas dilaksanakan dengan serius dan berkesinambungan mengacu pada satu tujuan yakni terciptanya Kamseltibcarlantas yang mantap di seantero Kabupaten Trenggalek.

Berbagai kendala dan cacian kerap mereka alami, namun itu tak mengendurkan semangat para Polantas untuk mendidik atau membimbing masyarakat utamanya remaja dan pemuda menuju generasi milenial yakni generasi yang berorientasi pada kedisiplinan, toleransi dan patuh hukum.

Tahun 2017 ini juga merupakan tahun istimewa, dimana Polri telah mencanangkan sebagai tahun keselamatan berlalu lintas. Launching tingkat Polda Jatim digelar di taman Bungkul Surabaya pada hari Minggu lalu. Sedangkan Polres Trenggalek dipusatkan di alun-alun bersamaan dengan digelarnya Car Free Day.

Sebagai tindak lanjut pencanangan tahun keselamatan berlalu lintas, jajaran Satlantas Polres Trenggalek membuat sebuah terobosan yang terbilang unik. Dalam setiap razia lalu lintas, masyarakat cenderung segan meskipun telah memiliki surat lengkap dan kendaraan sesuai spektek. Hal tersebut bisa dimaklumi mengingat mindset masyarakat kerap kali mudah percaya dengan isu atau propaganda informasi yang menyudutkan Polri.

Satlantas Polres Trenggalek berupaya merubah pola pikir tersebut dengan memberikan reward atau penghargaan kepada pengendara yang benar-benar taat peraturan dan berdisplin berlalu lintas.

“Reward ini merupakan penghargaan dan terima kasih kepada masyarakat yang secara sadar menaati peraturan dan disiplin berlalu lintas” ujar Kasatlantas Polres Trenggalek, AKP Ricky Tri Dharma, SH, SIK.

Seperti yang terjadi pagi ini. Belasan petugas Polantas berjajar di Jl. Ki Mangun Sarkoro,  tepatnya sebelah utara terminal bus Surodakan Trenggalek. Mereka berjajar di pinggir jalan melaksanakan razia kendaraan seperti biasa,Selasa (01/08). Bagi yang melanggar tentu menerima tindakan berupa tilang. Nah, bagi yang tertib, menggunakan helm SNI, SIM dan surat-surat kendaraan lengkap serta kendaraan sesuai spektek langsung diberikan hadiah berupa helm cantik.

SatlantasPolres Trenggalek sendiri sudah menyiapkan puluhan helm SNI untuk dibagikan kepada masyarakat yang tentunya memang benar-benar terbukti tertib dan displin dalam berlalu lintas.

AKP Ricky menandaskan, kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya edukasi humanis yang diharapkan mampu menyentuh titik kesadaran masyarakat bahwa tertib berkendara bukan saja demi keselamatan pengendara melainkan juga demi keluarga dan orang lain.

“Nantinya reward yang diberikan akan lebih bervariasi dan menarik. Mari bersama-sama menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas. Ayo bersatu, keselamatan nomor satu” pungkas AKP Ricky.