Hati – Hati Terhadap Telepon Yang Mengatasnamakan Dari Bank

Polres Trenggalek – Modus penipuan ada lagi yang dilakukan oleh para pelaku Kriminal, yang akhir – akhir ini muncul kejadian pembobolan rekening korban melalui telepon. Seperti yang disampaikan Kapolsek Pule Polres Trenggalek Iptu Suraji,SH,MH saat berkunjung ke Balai Desa Pule, Rabu (2/8). Agar di waspadai masyarakat Pule khususnya warga Desa Pule, dalam menyikapi kejadian bila mendapat telepon dari Bank jangan di tanggapi.

Modus penipuan melalui telepon ini bisa digambarkan, nasabah Bank mendapat telepon dari pelaku yang berpura – pura dari operator yang ada . Kemudian nasabah melalui instruksi pelaku, disuruh mengubah sim Card lama dengan tutorial SMS “Ganti” untuk di Kirim ke nomor 4949. Nasabah Bank yang diperintahkan ganti kartu baru, mendapat notifikasi SIM baru setelah proses ganti kartu baru.

Setelah itu, dari pelaku meminta pin dalam membantu aktifasi dan nomor telepon. Yang kemudian akan di masukan ke nomor baru yang sudah di kantongi pelaku. Dengan sampai pada tahap ini nomor telepon yang baru sudah aktif di bawa penguasaan pelaku, tanpa disadari oleh korbannya.

Setelah rangkaian pengubahan nomor telepon lama, menjadi ke nomor baru sesuai instruksi pelaku penipuan. Kemudian memberikan perintah kepada korbannya, untuk menelepon ke nomor hand phone lainnya yang telah di tunjuk pelaku penelpon. Dengan memberikan pesan aktifasi nomor telepon melalui nomor hand phone yang ditunjuk pelaku, melalui SMS “Aktif spasi Nomor HP spasi Mobile Banking Spasi pin untuk dikirim ke nomor nasabah yang katanya baru padahal sudah berganti orang.

“Kita waspadai terhadap pelaku penipuan melalui telepon, dengan cara yang seperti itu pelaku telah mempunyai Simcard dan Pin Bank yang kita miliki. Secara bertahap dan pasti pelaku akan memindahkan dana nasabah yang menjadi korbanya ke rekening pelaku, waspadalah !” Kata Kapolsek Pule Polres Trenggalek Iptu Suraji, SH,MH