Garam Langka Akibat Perubahan Cuaca, Masyarakat Cemas

Polres Trenggalek – Kanit Reskrim Polsek Kampak Polres Trenggalek Aiptu Suswanto, SH menyikapi bahwa langkanya stok garam disebabkan terlambatnya pengiriman garam dari beberapa daerah penghasil garam, perubahan cuaca yang tidak menentu saat ini menyebabkan curah hujan masih terbilang cukup tinggi, membuat produksi garam terhambat dan sering menyebabkan gagal panen berulang kali, kamis (03/08).

Langkanya garam diwilayah pasar kampak pada khususnya membuat para pedagang resah bahkan masyarakat menjadi cemas bagaimana tidak jika harga garam yang dibeli masyarakat mengalami kenaikan harga hampir berkali-kali lipat. Namun dikarenakan kebutuhan masyarakat mau tidak mau tetap membeli garam meski hal tersebut membuat masyarakat mengurangi dan mengalihkan kebutuhan belanja mereka.

Menanggapi keresahan masyarakat Kapolsek Kampak Polres Trenggalek Iptu Anwar, SH memerintahkan Kanit Reskrim beserta anggotanya untuk terus melakukan pemantauan dan terjun langsung ke agen, pasar, dan kios-kios yang menjual garam agar mengetahui secara langsung ketersediaan garam bagi masyarakat serta memantau setiap lonjakan perubahan harga garam.

“Garam memang saat ini langka akibat gagal panen, saat ini garam mengalami lonjakan harga yang signifikan, namun jika ada para pengusaha ataupun pedagang yang memanfaatkan situasi saat ini dengan cara memanipulasi atau menimbun garam demi keuntungan pribadi mereka dan merugikan masyarakat, maka kami akan memprosesnya secara hukum” ujar Aiptu Suswanto, SH.