Mari Budidayakan Tanaman Manggis dan Kapulaga

Polres Trenggalek – Kapolsek Kampak Polres Trenggalek Iptu Anwar, SH bersama Bhabinkamtibmas desa Ngadimulyo Bripka Murtopo menghadiri acara pelatihan budidaya tanaman manggis dan kapulaga oleh PT. SMN bekerja sama dengan dinas Pertanian kabupaten Trenggalek, bertempat dibalai desa Ngadimulyo Kampak Trenggalek, kamis (03/08).

Selain buahnya yang enak dimakan, kulit buah Manggis juga dapat digunakan untuk menyamak kulit dan bahan pewarna hitam. Kayunya yang ke-merahan  dapat dimanfaatkan untuk bahan alat pertukangan.  Khasiat Buah Manggis Untuk Kecantikan. Buah ungu yang satu ini sering disebut sebagai “buah super”, Karena mengandung banyak antioksidan dan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan  dan kecantikan. Sekarang ini buah tersebut umum digunakan sebagai suplemen gizi. Untuk opsi natural, manusia dapat mengkonsumsi segelas jus manggis untuk dosis harian.

Sedangkan Biji Kapulaga, yang diambil dari tumbuhan sebelum buah masak benar, dapat dimanfaatkan sebagai obat. Dalam dunia obat-obatan biji yang telah dikeringkan dinamakan semen cardamomi. Selain bijinya, yang digunakan untuk obat adalah bagian akar, buah, dan batangnya. Kapulaga mengandung minyak atsiri, sineol, terpineol, borneol, protein, gula, lemak, silikat, betakamfer, sebinena, mirkena, mirtenal, karvona, terpinil asetat, dan kersik. Dari kandungan tersebut kapulaga memiliki khasiat sebagai obat batuk. Kapulaga juga memiliki khasiat untuk mencegah keropos tulang.

Kegiatan yang dilakukan oleh PT. SMN tersebut sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup atau perekonian masyarakat.

“Manggis dan kapulaga memiliki banyak manfaat, semoga bibit tanaman yang diberikan oleh PT. SMN dapat bermanfaat dan tepat guna serta membantu perekonian warga” ujar Iptu Anwar, SH.