Ini Cara Unik Satlantas Polres Trenggalek Pantau Kepadatan Arus Lalulintas di Wilayahnya

Polres Trenggalek – Ada-ada saja ide kreatif perwira satu ini. Sebagai pimpinan tertinggi di jajaran Satlantas Polres Trenggalek,  AKP Ricky Tri Dharma, S.H, S.I.K, bertanggungjawab penuh atas keseluruhan tugas yang dilaksanakan anggotanya. Ia pun kerap turun langsung ke lapangan mengontrol kondisi Kamseltibcarlantas di wilayahnya.

AKP Ricky menyadari betul bahwa masih banyak kekurangan dan kendala yang dihadapi oleh jajarannya. Di kota besar, mungkin sudah tersedia CCTV sehingga lebih mudah pengawasannya. Cukup dengan melihat layar monitor dari kantor sudah bisa mengetahui kondisi tiap sudut jalanan. Di Trenggalek, karena belum memiliki fasilitas CCTV, maka mau tak mau harus dilakukan secara manual dengan berkeliling mengecek satu persatu. Sementara tugas-tugas rutin lainnya tidak bisa ditinggalkan begitu saja.

Menyikapi hal tersebut, agar lebih efektif, Perwira alumni Akpol 2007 inipun memanfaatkan fasilitas video call yang banyak terdapat pada aplikasi smartphone.

Menurut AKP Ricky banyak manfaat yang bisa diambil dengan menggunakan layanan video call. Selain bisa mengetahui secara live kondisi jalan raya, keuntungan lainnya adalah ia bisa mengecek keberadaan anggota yang bertugas di lapangan.

“Ibarat pepatah, sekali dayung dua tiga pulau terlampaui, jadi bisa untuk mengecek keberadaan anggota sekaligus memantau kondisi kepadatan arus lalu lintas” jelas AKP Ricky.

Pemanfaatan teknologi video call juga digunakan saat melaksanakan tugas pengawalan dan lain-lain sehingga seluruh anggota jajaran Satlantas Polres Trenggalek bisa ikut serta memantau perkembangan dan personel yang bertugas bisa segera mengambil tindakan Kepolisian yang diperlukan.

“Kelemahannya memang tidak bisa dilakukan terus menerus. Minimal satu atau dua jam sekali. Dengan begitu, semua ruas jalan bisa terpantau dan pekerjaan lainnya tidak tertinggal” tambahnya.

AKP Ricky menambahkan, pemanfaatan video call hanya bersifat sementara mengingat pihak Polres Trenggalek telah berkoordinasi dengan Pemkab Trenggalek untuk penyediaan CCTV yang terkoneksi langsung dengan command center di Mapolres Trenggalek termasuk pembangunan TAC atau Traffic Accident Center di Durenan.

“Pada prinsipnya, semua untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Demi Trenggalek yang lebih baik. Semoga saja bisa segera terealisasi. Doakan ya” pungkas AKP Ricky.