Peringati HUT Polwan ke-69, Srikandi Bhayangkara Polres Trenggalek Sambangi Panti Asuhan

Polres Trenggalek – Puluhan Polisi wanita (Polwan) Polres Trenggalek mengunjungi panti asuhan Asyafiiyah di desa Ngetal Kecamatan Pogalan. Kedatangan para srikandi Bhayangkara ini untuk bertatap muka dengan anak-anak yatim piatu dalam rangka memperingati hari lahir polisi wanita yang ke-69, Jumat (04/08).

Rombongan yang dipimpin oleh dua orang senior Polwan, Kompol Sumilih, SH dan Kompol Siti Munawaroh, SH ini disambut langsung oleh pengasuh panti asuhan Gus Huda bersama dengan puluhan anak yatim piatu.

Dalam kesempatan tersebut, Koordinator Polwan Polres Trenggalek Kompol Sumilih, SH yang juga menjabat sebagai Kabagsumda Polres Trenggalek itu menyerahkan santunan serta bantuan berupa Sembako dan kebutuhan sehari-hari kepada pengurus panti asuhan.

“Kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan hari ulang tahun Polwan yang ke-69. Sengaja kami kemas dengan acara bakti sosial agar lebih mengena dan bisa berinteraksi langsung dengan masyarakat” ujar Kompol Sumilih.

Sekedar diketahui, hari lahir Polisi Wanita diperingati setiap tanggal 1 September. Menurut catatan sejarah, saat pemerintah darurat republik Indonesia (PDRI) menghadapi agresi militer Belanda II tahun 1948, terjadi pengungsian besar-besaran di kota Bukittinggi Sumatra Barat. Pada waktu itu pengungsi wanita tidak mau digeledah secara fisik oleh polisi laki-laki, sehingga kemudian muncullah gagasan membentuk Polisi Wanita. Tepat tanggal 1 September 1948, setelah melalui beberapa tahap seleksi terpilihlah 6 orang gadis mengikuti pendidikan Inspektur Polisi di Sekolah Polisi Negara (SPN) Bukittinggi yang kemudian menjadi cikal bakal Polisi Wanita saat ini dan ditetapkan sebagai hari lahir Polwan Indonesia.