Antisipasi Potensi Gangguan Keamanan, Polisi Kedepankan Patroli Dialogis

Polres Trenggalek – Untuk mengantisipasi tindakan kriminalitas dan memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga masyarakat, Polsek Watulimo Polres Trenggalek memiliki metode sambang warga masyarakat. Aktivitas program tersebut melaksanakan kunjungan ke berbagai rumah warga. Selasa (15/8/2017).

Kapolsek Watulimo Polres Trenggalek AKP Saiful Rokhman, S.H. menjelaskan bahwa anggota Polsek Watulimo Polres Trenggalek, Bripka Soqiful Ma’arip bersama anggota melakukan patroli dan berbincang dengan warga masyarakat di desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, menggali informasi dari warga masyarakat terkait potensi kejahatan, gangguan kamtibmas dan sebagainya.

“Upaya untuk antisipasi tindakan kejahatan salah satunya memberikan informasi, selain itu anggota juga harus tetap ramah dan mengedepankan senyum, sapa dan salam”, ungkapnya.

Manfaat metode sambang warga masyarakat akan dirasakan bukan hanya oleh masyarakat, melainkan oleh anggota Polri ketika bertugas dilapangan karena akan mudah dikenal dengan masyarakat. “Apalagi kegiatan ini akan dilaksanakan pada setiap hari dan salah satu manfaatnya adalah bertambah mitra yang baru”, tambahnya.

Warga desa Tasikmadu, Rusmanto sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Polsek Watulimo Polres Trenggalek, namun dirinya berharap kunjungan aparat Kepolisian juga bisa memberikan motivasi kepada masyarakat meningkatkan pengawasan pada malam hari.

“Salah satunya adalah mengajak warga masyarakat aktif melaksanakan Siskamling, karena pada dasarnya pengamanan bukan hanya tugas Kepolisian saja, melainkan masyarakat juga memiliki kewajiban menjaga keamanan”, ungkapnya.

Dalam pertemuannya di warung kopi warga diminta untuk berhati-hati dan waspada masuknya paham radikal ditengah-tengah masyarakat.

Warga diminta tidak segan-segan untuk melaporkan segala bentuk kejadian yang berkenaan dengan masalah keamanan dan ketertiban masyarakat kepada pihak berwajib agar petugas dengan cepat menindak lanjuti.