Peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan RI di Trenggalek, dari Upacara Hingga Pengibaran Bendera Raksasa

Polres Trenggalek – Upacara pengibaran bendera merah putih dalam rangka memperingati HUT ke-72 Republik Indonesia di pendopo Kabupaten Trenggalek berlangsung khidmat. Prosesi pengibaran bendera oleh Paskibraka berjalan dengan lancar tanpa kendala, Kamis (17/08).

Bertindak selaku Insperktur upacara adalah Bupati Trenggalek Dr. Emil Elestianto, M.Sc, perwira upacara Kompol Mukalam, SH, komandan upacara AKP Sumi Andana, SH, MH serta Aubade Gita Kumala Patra dari SMAN 1 Trenggalek.

Dalam upacara yang diikuti oleh sedikitnya seribu orang tersebut hadir pula Wakil Bupati Trenggalek HM Nur Arifin, Kapolres Trenggalek, AKBP Donny Adityawarman, S.I.K., M.Si., Dandim 0806 Trenggalek Letkol Arm Bayu Argo Asmoro, Kepala Kejaksaan Negeri Trenggalek Umaryadi SH, MH, Ketua Pengadilan Negeri Trenggalek Achmad Virza Rudiansyah SH, CN, MH, Ketua DPRD Kab Trenggalek H. Samsul Anam SH serta para kepala OPD, Kepala BUMN dan seluruh undangan.

Sedangkan sebagai peserta upacara adalah peleton TNI, Polri Satpol PP, Linmas, Polsus, BPBD, Basarnas, Ormas kepemudaan, Mahasiswa dan pelajar Kabupaten Trenggalek.

Kegiatan yang sama juga digelar di masing-masing kecamatan se-Kabupaten Trenggalek dengan melibatkan Muspika dan elemen masyarakat lainnya. Bahkan ada pula pengibaran bendera raksasa berukuran 20 x 15 meter di lereng Gunung Sepikul, yang berada di Kecamatan Watulimo oleh Tim Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) wilayah Jawa Timur.

Ditemui disela-sela acara ramah tamah usai upacara, Kapolres Trenggalek AKBP Donny Adityawarman, S.I.K., M.Si, menyatakan bahwa peringatan hari kemerdekaan ke-72 RI ini hendaknya dijadikan sebagai momen pemersatu bangsa. Para pahlawan yang berjuang merebut kemerdekaan tidak melihat dari suku mana, agama apa, melainkan merasa sebagai satu kesatuan bangsa yakni Indonesia.

“Indonesia ada karena keberagaman, karena persatuan, karena kecintaannya terhadap tanah air. Perjuangan kita sekarang mungkin berbeda, tapi semangat nasionalisme, persatuan dan cinta tanah air tak boleh lepas. Agar merah putih terus berkibar sepanjang masa” tegas AKBP Donny.

AKBP Donny menilai, tema hari kemerdekaan yakni “Kerja Bersama” sangatlah tepat. Kerja bersama memiliki makna yang cukup mendalam dimana didalamnya terdapat nilai gotong-royong yang merepresentasikan akar dari persatuan itu sendiri.

“Polres Trenggalek siap mengawal keberagaman dan menciptakan rasa aman bagi masyarakat” pungkas AKBP Donny penuh semangat.