Pecinta Sepeda Kuno Lakukan Pawai, Turut Hadir Muspika Kecamatan Kampak

Polres Trenggalek – Para penggemar dan pecinta sepeda kuno atau onthel turut berpartisipasi menyemarakan HUT Kemerdekaan RI ke-72 dengan cara melakukan pawai keliling kecamatan kampak trenggalek, tampak diikuti Muspika kecamatan Kampak Trenggalek, Jum’at (18/8).

Onthel atau juga terkadang disebut sebagai sepeda unta, sepeda kebo, atau pit pancal adalah sepeda klasik dengan ban ukuran 28 inchi yang biasa digunakan oleh masyarakat perkotaan sampai tahun 1970-an. Berbagai macam merek sepeda onthel dari berbagai negara beredar di pasar Indonesia. Pada segmen premium terdapat misalnya merek Fongers, Gazelle dan Sunbeam. Kemudian pada segmen dibawahnya diisi oleh beberapa merek terkenal antara lain seperti Simplex, Burgers, Raleigh, Humber, Rudge, Batavus, Phillips dan NSU.

Kapolsek Kampak Polres Trenggalek Iptu Anwar, SH turut serta dengan menaiki sepeda onthel bersebelahan dengan camat Kampak, juga tampak bermacam macam merk sepeda onthel yang melintas dalam acara pawai tersebut, dengan kondisi yang terawat dan prima.

Banyak manfaat yang didapat dengan bersepeda onthel antara lain bersepeda sama dengan berolah raga dan menjaga tubuh kita tetap sehat, memperluas jaringan pertemanan baik sesama komunitas sepeda maupun komunitas lainnya dan mempererat tali silahtuhrahmi, bersama kawan-kawan lebih mudah membuat kegiatan-kegiatan positif.

“Alhamdulillah saya merasa sehat, segar, dan bugar seusai mengikuti pawai sepeda onthel tersebut, mari kita rayakan HUT kemerdekaan RI ke-72 ini dengan kegiatan positif seperti yang dilakukan komunitas pecinta sepeda onthel di Kecamatan Kampak” ujar Iptu Anwar, SH.