Bhabinkamtibmas Desa Pogalan Turut Berpartisipasi Hadiri Semarak Permainan Tradisional dalam Memeriahkan HUT RI Ke-72

Polres Trenggalek – Polsek Pogalan dalam memeriahkan HUT RI yang ke-72 berbagai kegiatan perlombaan dilakukan sebagai wujud rasa cinta kepada tanah air Indonesia, di wilayah Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek telah dilaksanakan kegiatan semarak permainan tradisional oleh masyarakat Desa Pogalan. Minggu (20/08).

Minggu, 20/08/2017 siang hari pada pukul 12.00 Wib hingga 17.00 Wib di RT 08/RW 04 Desa Pogalan suasana kemeriahan dan sorak gembira menyelimuti suasana perlombaan dalam rangka mengisi Hari Kemerdekaan Bangsa Indonesia yang masih terlihat terlestarikan dan penuh dengan antusias meskipun di daerah pelosok pegunungan.

Permainan tradisional yang diperlombakan adalah angkut kelereng, makan gorengan dan cabe, makan kerupuk, panjat batang pisang, memasukkan benang ke jarum, balap sarung, dan tarik tambang yang dihadiri oleh Kepala Desa Pogalan, perangkat desa, ketua BPD, Bhabinkamtibmas, dan warga masyarakat RT 08/RW 04 Desa Pogalan dan sekitarnya.

Kegiatan yang paling sangat ramai adalah panjat batang pisang karena anak-anak akan berusaha mengambil hadiah di ujung atas yang mana batang pisang itu dibuat licin sehingga harus berjuang dalam meraihnya. Anak-anak sangat lucu dalam memainkan permainan tersebut ditambah dengan wajah mereka yang polos menambah kekonyolan dalam permainan.

Walaupun terik matahari semakin menyengat kulit dan debu lapangan yang beterbangan, tidak mempengaruhi semangat anak-anak untuk melanjutkan kegiatan perlombaan. Hal ini merupakan suatu bekal bagi para penerus bangsa agar tidak sampai menghilangkan tradisi dalam memperingati HUT RI.

Bhabinkamtibmas Desa Pogalan Bripka Sirod juga tak kalah semangatnya dalam memberi dukungan dalam perlombaan bagi masyarakat terutama anak-anak yang ikut serta. Selain itu, Bripka Sirod juga memantau kegiatan perlombaan mulai dari awal sampai selesai agar kegiatan tersebut berjalan dengan lancar terkendali, sehingga kenyamanan tetap terjaga.

Bripka Sirod pun menyampaikan bahwa sangat penting untuk memperingati HUT Kemerdekaan Indonesia pada setiap tahunnya bagi seluruh warga Indonesia sebagai perwujudan akan rasa syukur, rasa cinta tanah air, dan pengenangan terhadap perjuangan para pahlawan yang telah mati-matian membela dan memerdekakan Negara Indonesia.

Harapan Polsek Pogalan Polres Trenggalek terhadap kegiatan ini adalah semoga bisa memotivasi warga masyarakat RT lainnya agar juga mengadakan kegiatan yang sedemikian rupa sehingga dapat menggugah semangat anak bangsa. Selain itu juga dijadikan sebagai momentum untuk meningkatkan kekompakan, kerukunan, kepedulian antar warga terhadap nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dan negara