Bhabinkamtibmas Dampingi Pemberian Vaksin Campak Dan Rubela

Polres Trenggalek – Campak dan rubella merupakan suatu penyakit infeksi yang penularannya melalui saluran pernapasan yang disebabkan oleh virus campak dan rubella, dan bagi wanita yang sedang hamil apabila terkena penyakit ini sangat berbahaya karena bisa berpengaruh terhadap anak yang dikandungnya karena bisa menimbulkan kecacatan dan satu vaksin MR ini untuk mencegah dua penyakit sekaligus.

Bhabinkamtibmas Desa Wonokerto Polsek Suruh Polres Trenggalek Brigadir Eko Agus ikut mendampingi tim dari Puskesmas Suruh yang melaksanakan imunisasi kepada balita sedesa Wonokerto, Jum’at (15/09) bertempat di Balaidesa Wonokerto. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya memberikan dukungan pelaksanaan program pemerintah dalam rangka pencegahan campak dan rubela.

Dalam pelaksanaannya, Bhabinkamtibmas turut serta memberikan penjelasan kepada para orang tua tentang manfaat dari imunisasi, dengan penjelasan yang disampaikan diharapkan mampu membuat warga masyarakat tidak khawatir terhadap buah hatinya saat dilakukan imunisasi, karena dengan dilakukan imunisasi kepada buah hatinya akan bermanfaat dan berfungsi bagi daya tahan tubuhnya.

Kapolsek Suruh Polres Trenggalek AKP H Yasir WSD, SH saat dihubungi mengatakan bahwasannya dalam rangka mendukung program pemerintah pihaknya melibatkan para personil jajaran Polsek Suruh Polres Trenggalek utamanya personil Bhabinkamtibmas dalam ikut mensosialisasikan imunisasi terhadap warga yang ada didesa binaannya, selain itu Bhabinkamtibmas juga mengikuti setiap kegiatan yang dilakukan didesa binaannya masing masing.

“Dengan kegiatan yang dilakukan diharapkan Bhabinkamtibmas mampu memberikan informasi terkait imunisasi serta melakukan tindakan nyata untuk mensukseskan program yang dicanangkan secara nasional oleh pemerintah,” jelas AKP H Yasir.

Sementara itu salah satu tim medis dari Puskesmas Suruh Endang Meriana SST mengatakan bahwa imunisasi yang dilakukan terhadap balita didesa Wonokerto merupakan jenis imunisasi dengan vaksin Measles Rubella (MR) imunisasi tersebut untuk mencegah penyakit campak dan rubella, dimana penyakit tersebut sangat berbahaya dan dapat mengakibatkan kematian.

Penyakit campak dan rubella ini sampai saat ini belum ada obatnya, namun penyakit tersebut dapat dicegah dengan cara pemberian imunisasi MR, oleh sebab itu dilakukan imunisasi ini untuk memberikan kekebalan terhadap anak dari serangan penyakit yang berbahaya tersebut.

“Kami ucapkan banyak banyak terima kasih atas peran serta pihak Polsek Suruh Polres Trenggalek utamanya Bhabinkamtibmas Desa Wonokerto yang telah membantu pelaksanaan kegiatan pemberian imunisasi MR, sehingga dalam pelaksanaan imunisasi dapat berjalan dengan aman dan lancar,” pungkas Endang Meriana.