Ajak Prasbhara Ranting Pule Belajar Peduli Lingkungan

Polres Trenggalek – Minggu (24/9/2017), Aiptu Santoso Kanit Binmas Polsek Pule Polres Trenggalek memberikan sarana dalam mendekatkan Anak latihnya dalam memperhatikan lingkungan disekitar agar tetap terjaga secara seimbang dengan perkembangan alam sampai saat ini, dengan membawa anak Prasbhara ke Hutan Kota (Huko) Trenggalek.

Diikuti oleh puluhan anak didiknya, berangkat dari Polsek Pule Polres Trenggalek siang itu juga. Dengan harapan mereka mengamati lingkungan hutan dan suasana dalam menikmati hutan kota yang ada beberapa hewan liar yang ditempatkan di area hutan Kota (Huko) .ini merupakan materi mencintai alam dalam kesinambungan pelestarian alam yang akan muncul pada diri anak Prasbhara Ranting Pule, yang nantinya akan diaplikasikan dalam kehidupan dilingkungannya di wilayah Pule. Dengan perlunya hutan dalam menyeimbangkan karbon dioksida yang dikeluarkan dari pembakaran makluk hidup, yang memiliki peran utama dalam kehidupan.

Polusi udara memang menjadi ancaman kehidupan diperkotaan, jangan sampai terjadi dampak lingkungan yang lebih fatal, krisis lingkungan hidup. Secara umum, krisis lingkungan hidup didorong oleh dua hal berikutini, yaitu: Pertama, pertambahan penduduk yang begitu pesat yang menuntut pemenuhan kebutuhan yang tak terbatas (bahan makanan, bahan bakar, energi) dan sebagainya. Kedua, Kemajuan di pelbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek). Krisis ini sebenarnya sudah lama terjadi, namun agaknya manusia (secara keseluruhan) belum menyadari akan bahaya laten yang terdapat di dalamnya. Manusia masih asyik menjadi penguasa alam semesta. Manusia belum menyadari bahwa dirinya adalah bagian dari alam semesta ini, sehingga krisis lingkungan hidup belum menjadi perhatian bersama.

“Dengan mengajak anak Prasbhara ranting Pule ke Huko (Hutan Kota) Trenggalek akan mengambil pelajaran dari alam, yang mana pentingnya keseimbangan alam dengan perkembangan dunia yang semakin mengikis keberadaan hutan. Melalui pengamatan yang dilakukan disekitar huko diharapkan juga mampu memberikan perlindungan terhadap satwa satwa yang terancam akibat berubahnya ekosistem akibat perambahan dan eksplorasi manusia, “Jelas Aiptu Santoso Kanit Binmas Polsek Pule Polres Trenggalek saat dikonfirmasi di lokasi berbeda.