Bhabinkamtibmas Karanganyar Dukung Pawai Islami Dalam Tahun Baru Islam

Polres Trenggalek – Peringatan tahun baru Islam 1439 H, umat Islam yang jatuh pada hari Kamis,(21/9/2017). Desa Karanganyar Wilayah Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek hari ini Senin, (25/9/2017) memperingati dengan giat karnaval yang bernuasa islami yang diikuti oleh berbagai kalangan warga masyarakatnya, anggota Polsek Pule Polres Trenggalek yang mengemban tugas Bhabinkamtibmas Desa Karanganyar Aiptu Gatot BS turut hadir dalam rangka pengamanan jalannya karnaval.

Peringatan Hari Besar Islam (PHBI), di Desa Karanyar di isi dengan pawai/karnaval yang di ikuti kurang lebih 500 warga masyarakat mulai dari RT 1 s.d RT 12,  pesertanya dari kaum muda/tua baik laki –laki maupun perempuan. Karnaval sendiri mengambarkan sosok 9 wali yang dikenal dengan sebutan wali songo sebagai penyebar agama Islam di Pulau Jawa, juga mengambarkan sejarah para pendiri maupun para Kepala Desa Karanganyar mulai yang pertama sampai saat ini,  dimeriahkan kesenian bernuasa islami hadrah/samproh, Dramband SDN Karanganyar I dan juga kesenian jaranan.

Antusias warga masyarakat luar biasa terlihat sepanjang route yang dilalui, mulai dari garis stat di Ringgin Limo RT 1 dengan menempuh jarak kurang lebih 2,5 Km dengan finis di Balai Desa Karanganyar yang di mulai dari jam 13.00 wib selesai 17.00 wib, dalam pelaksanaanya berjalan tertib, aman dan lancar.

“Kami telah melakukan pengamanan jalannya pawai ini, demi suksesnya penyelenggaraan giat ini, sebagai pembina kamtibmas memberikan rasa aman dan nyaman warga masyarakat maupun peserta sudah menjadi tanggung jawab sebagai anggota Polri, sehingga dalam pelaksanaanya berjalan tertib, aman dan lancar berkat sinergitas 3 pilar desa dengan panitia PHBI. Kami berharap kekompakan, kebersamaan dan kerukunan di masyarakat harus tetap terjaga guna terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif” Tutur Aiptu Gatot BS Bhabinkamtibmas Desa Karanganyar  saat dikonfirmasi di Mako Polsek Pule Polres Trenggalek.

Makna dari peringatan I Muharam ini hari yang sangat penting dan bersejarah bagi umat islam, pasalnya pada saat itu pula menandai peristiwa penting memperingati hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari kota Mekkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi , peringataa 1 Muharam sebenarnya hakikatnya adalah untuk mengenang kembali peristiwa hijrah serta mendalami makna hijrah dan juga pengamalannya pada masa kini.