Mau Tau Peran Satpam di Trenggalek, Ini Dia Liputannya

Polres Trenggalek – Guna untuk menunjang keamanan obyek vital di wilayah hukum Polres Trenggalek, seperti Perbankan atau Instansi Pemerintahan banyak yang menggunakan jasa Satpam. Namun penggunaan jasa ini tentunya perlu adanya pelatihan guna meningkatkan pelayanan maupun keamanan di lingkungan bertugas dari masing – masing wilayahnya.

Satbinmas Polres Trenggalek selaku Korwasbin fungsi  Satpam, kembali menggelar kegiatan pembinaan dan pelatihan kepada Satpam instansi yang ada di wilayah Kabupaten Trenggalek. Kegiatan yang dilaksanakan di halaman Mapolres Trenggalek ini di ikuti oleh sekitar 40 Satpam yang bertugas di wilayah Kabupaten Trenggalek. Jumat (06/10).

Nampak sebagai Instuktur pembinaan dan pelatihan kepada Satpam tersebut antara lain KBO Binmas Polres Trenggalek Aiptu Mujiata, S.H., Kanit Binkamas Satbinmas Polres Trenggalek Ipda Rudi Sugiarto, Kanit Binpolmas Satbinmas Polres Trenggalek Aiptu Hermanto, S.H., serta beberapa personel dari Satbinmas Polres Treenggalek

Pada kegiatan awal merupakan upacara pembukaan dan pengecekan personel seluruh peserta pembinaan dan pelatihan. Kegiatan ini di buka langsung oleh Kasat Binmas Polres Trenggalek AKP Suyono, S.H.,M.Hum.

Dalam Kesempatannya Kasat Binmas menekankan kepada para peserta, agar bersikap serius dalam menjalankan pembinaan dan pelatihan tersebut serta legalitas harus dipenuhi bagi setiap anggota Satpam, yakin pelatihan Gada Pratama yang sesui dengan aturan yang ada.

“Satpam harus mempunyai kemampuan fungsi Kepolisian untuk menjalankan tugasnya secara terbatas di lingkungan tempat tugasnya masing – masing. Satpam sebagai ujung tombak Kamtibmas yang wajib berkoordinasi dengan pihak Kepolisian” ujarnya saat sambutan membuka acara pembinaan dan pelatihan kepada anggota Satpam.

Dengan diadakannya pelatihan dan pembekalan ini, dirinya berharap dapat menghasilkan Satpam yang memiliki kesamaptaan fisik dan memiliki pengetahuan serta ketrampilan dasar sebagai pelaksanaan tugas di lingkungan kerjanya masing – masing.

whatsapp-image-2017-10-07-at-13-21-15Sementara Kanit Binkamsa Satbinmas Polres Trenggalek Ipda Rudi Sugiarto, S.H., sebagai pelaksana pembinaan dan pelatihan, mengatakan dari 40 peserta yang mengikuti pembinaan dan pembekalan ini diantaranya merupakan Satpam Perbankan, instansi pemerintah, maupun perusahaan industri yang ada diwilayah Kab. Trenggalek.

“Sebagai mitra Polri dalam menjaga dan memelihara keamanan swakarsa dan ketertiban masyarakat, Satpam harus mendapat bimbingan guna mengerti dan menguasai tugas pokok dan fungsinya  sehingga bisa menjalankan tugas dengan sebaik – baiknya”, ujar Ipda Rudi saat di konfirmasi pada saat acara.

Beberapa materi dalam pelaksanaan pembinaan dan pelatihan ini diantaranya Peraturan Baris Berbaris (PBB), pelatihan drill borgol Polri, hiking menuju kawasan Hutan Kota serta dilanjutkan pembekalan secara teori oleh Satbinmas Polres Trenggalek dan ASMI.  Di akhir acara penyerahan sarana kontak oleh Satbinmas Polres Trenggalek. (dev).