Bhabinkamtibmas Desa Ngetal Dampingi Kegiatan Santunan Anak Yatim/Piatu, Fakir Miskin Dan Keluarga Prasejahtera se-Desa Ngetal

Polres Trenggalek – Pada hari Rabu tgl 11 Oktober 2017 sekira pukul 19.30 Wib – 21.00 Wib bertempat di Balai Desa Ngetal telah dilaksanakan santunan anak yatim/piatu, fakir miskin dan keluarga prasejahtera se-Desa Ngetal. Rabu (11/10).

Dalam giat tersebut dihadiri sekitar 200 orang dengan rincian Ketua MPC NU Kecamatan Pogalan KH. Muhazim, KH. Syamsul Huda, Kepala desa Ngetal, Ketua BPD desa Ngetal, Ketua Ranting NU desa Ngetal Mukaji, Babinsa Ngetal, Bhabinkamtibmas Ngetal Polsek Pogalan Polres Trenggalek Bripka Yuni Iswahyudi, S.H. Perangkat desa Ngetal. Tokoh agama dan tokoh masyarakat desa Ngetal

Adapun susunan acara giat tersebut, Pembukaan, Pembacaan ayat suci Al Quran oleh Ustad Najmudin, Santunan anak yatim/piatu, fakir miskin dan keluarga prasejahtera se-Desa Ngetal dan di tutup dengan Doa oleh KH Syamsul Huda Hasyim.

Sambutan pertama dari Kades Ngetal sekaligus ketua Panitia mengucapkan terimakasih atas kedatangan para undangan yg telah meluangkan waktunya pada malam ini, Kegiatan ini terlaksana atas kerja sama antara Pemdes Ngetal dengan Ranting NU desa Ngetal yg sudah berjalan 2 tahun ini. Acara ini bisa berjalan baik atas kerjasama antara donatur dan Ranting NU desa Ngetal. Kegiatan fisik pembangunan thn 2017 atas dukungan masyarakat desa Ngetal dapat berjalan dengan baik, adapun kegiatan pengisian kekosongan perangkat desa Ngetal yaitu Kaur keuangan dan Kaur Tu, akan dilaksanakan akhir bulan November 2017, bagi masyarakat yang memenuhi persyaratan dipersilahkan untuk mendaftarkan diri. Dan untuk penerima santunan pada malam ini sebanyak 190 orang dengan rincian 40 anak yatim/piatu dan 150 untuk fakir miskin dan keluarga prasejahtera.

Dalam sambutan kedua disampaikan oleh Ketua Ranting NU desa Ngetal Mukaji mengucapkan terimakasih kepada Kades Ngetal dan para donatur atas kerjasamanya sehingga acara ini dapat dilaksanakan rutin sejak thn 2016. Adapun dana yg terkumpul dari donatur sebesar Rp. 49.600.000,- dan ditambah oleh pemerintah desa Ngetal sehingga dana yg terkumpul untuk kegiatan malam ini berjumlah Rp. 63.600.000,-.

Selanjutnya kegiatan tersebut dilanjutkan Pengajian umum oleh Ketua MPC NU Kec. Pogalan KH. Muhazim. Yang isinya Bulan Muharram merupakan bulan yang sangat dimuliakan. Sehingga pada bulan muharram kita disunahkan untuk melakukan puasa sunnah, amalan dzikir, memperbanyak membaca Al Qur’an, dan ibadah sunnah lainnya. Karena bulan Muharam khususnya untuk tgl 10 merupakan hari kemenangan para Nabi maupun para Wali Songo. Amalan yang dapat dilakukan di bulan Muharram agar dapat meraih pahala di sisi Allah SWT yaitu: Berpuasa Sunah Asyura, Berpuasa Sunah Tasu’a dan Menyantuni Anak Yatim. Marilah di bulan Muharam ini kita sama-sama menyantuni anak yatim dan sekaligus membasuh rambutnya, karena amal ibadah kita akan di lipat gandakan oleh Allah .

Di sela – sela kegiatan tersebut Bhabinkamtibmas Desa Ngetal Polsek Pogalan Polres Trenggalek Bripka Yuni Iswahyudi. S.H. menyampaikan himbauan kamtibmas. Selain, mengharapkan agar warga masyarakat bisa menyisihkan rezekinya guna membantu anak yatim piatu mapun fakir miskin lainnya.

Dikatakan, kejahatan bisa juga disebabkan karena terdesak dengan kebutuhan hidup. “Maka, mulai sedini mungkin anak anak yatim piatu kita perhatikan. Sehingga merasa mendapatkan perlindungan dan pendidikan. Saat besar nanti bisa hidup mandiri.” ujarnya.