Kapolsek Kampak hadiri Sosialisasi Penyakit TBC di Puskesmas Kampak

Polres Trenggalek – Kapolsek Kampak bersama Muspika menghadiri sosialisasi Penyakit TBC di Puskesmas Kampak, sebagai bentuk kepedulian anggota Polri dalam mencegah penyebaran penyakit TBC, Kamis (12/10).

Tuberkulosismerupakan penyakit menular yang umum, dan dalam banyak kasus bersifat mematikan. Penyakit ini disebabkan oleh berbagai strain mikrobakteria , umumnya Mycobacterium tuberculosis. Tuberkulosis biasanya menyerang paru-paru , namun juga bisa berdampak pada bagian tubuh lainnya. Tuberkulosis menyebar melalui udara ketika seseorang dengan infeksi TB aktif batuk, bersin, atau menyebarkan butiran ludah mereka melalui udara. Bila Tuberkulosis tidak diobati maka lebih dari 50% orang yang terinfeksi bisa meninggal dunia.

Tidak ingin warga masyarakat di Kecamatan Kampak mengalami penyakit TBC, Dinas Kesehatan Kabupaten Trenggalek dalam hal ini Puskesmas Kampak mengadakan sosialisasi tentang penyakit TBC dan cara pencegahannya di aula pertemuan Puskesmas Kampak dalam pertemuan tersebut juga dihadiri Muspika Kampak, perwakilan masyarakat desa,Kepala Desa se-Kecamatan Kampak, para santri dan kader penyakit TBC se-Kecamatan Kampak.

Maksud dan tujuan diadakan sosialisasi tersebut agar warga masyarakat mengerti dan faham tentang penyakit TBC serta cara pencegahan dan pengobatan apabila sudah terjangkit panyakit mematikan tersebut.

“Mengingat sangat berbahayanya penyakit TBC ini, hasil sosiaslisasi pada hari ini akan kami sampaikan kepada anggota Polsek Kampak” ujar Kapolsek Kampak Iptu Anwar,S.H.