Bhabinkamtibmas Desa Ngetal Hadiri Acara Pemberdayaan/Pelatihan Kader Posyandu

Polres Trenggalek – Telah dilaksanakan kegiatan Pemberdayaan/Pelatihan Kader Posyandu Desa Ngetal dalam rangka pemberian makanan tambahan terhadap peningkatan status gizi balita pada Jumat 27 Oktober 2017 di Balai Desa Ngetal pada pukul 09.30 Wib. Jumat (27/10).

Dalam kegiatan ini juga dihadiri oleh Bhabinkamtibmas Desa Ngetal Bripka Yuni Iswahyudi yang memiliki tugas dalam memelihara situasi Kamtibmas Desa Ngetal, Camat Pogalan, Kepala Puskesmas Pogalan, Kades Ngetal, Ketua PKK Desa Ngetal, Babinsa Desa Ngetal, dan Kader Posyandu Desa Ngetal.

Adapun rangkaian acaranya yaitu pembukaan, kemudian sambutan-sambutan dari Kades Ngetal yang berinti yaitu ucapan terima kasih kapada undangan yang telah datang pada acara. Kedua yaitu penjelasan bahwa kegiatan pelatihan/pemberdayaan Kader posyandu ini merupakan kegiatan yang menjadi usulan prioritas para Kader berdasarkan hasil penggalian gagasan dusun. Pada dasarnya kegiatan ini ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan Kader dan meningkatkan kapasitas Kader dalam menjalankan tugasnya untuk pemberian makanan tambahan terhadap peningkatkan gizi balita.

Usai sambutan dari Kepala Desa Ngetal dilanjut dengan sambutan Camat Pogalan yang berinti bahwa kegiatan pemberdayaan/pelatihan kader posyandu ini merupakan kegiatan yang didanai oleh dana desa. Pada saat musrembang desa diharapkan berbagai usulan muncul dari para kader posyandu untuk kegiatan pemberdayaan seperti ini. Dan juga Camat Pogalan mengucapakan selamat berlatih kepada peserta dan kegiatan seperti ini harus berkelanjutan serta ditingkatkan.

Kemudian diikuti dengan sambutan Kepala Puskesmas Pogalan yang dalam sambutannya menjelaskan bahwa mulai tahun 2018 honor Kader posyandu akan kembali lagi dibayarkan oleh Dinas Kesehatan. Pada tahun 2018 akan diadakan lomba Kader posyandu dan adapun penilaiannya antara lain dari inovasi dan kreativitas Kader posyandu. Serta dari Puskesmas Pogalan juga dilakukan program pembinaan Kader posyandu tiap tahun satu kali, sehingga diharapkan di desa kegiatan pemberdayaan ini rutin dilaksanakan.

Setelah sambutan-sambutan selesai, maka masuk pada acara inti yaitu kegiatan pemberian materi dari tim Puskesmas kepada peserta pelatihan. Tentunya materi yang diberikan sangat bermanfaat. Materi tentang cara merawat balita mulai dari asupan gizi dan pendukung pertumbuhan serta perkembangan yang baik diinformasikan kepada para peserta pelatihan dengan lengkap. Sehingga para peserta pelatihan bisa mudah dalam mengingat dan memahami materi yang disampaikan.

“Saya sendiri mengaku bahwa kegiatan pelatihan dan pemberdayaan Kader Posyandu Desa Ngetal ini harus ditingkatkan. Kesehatan balita sangat penting dan khusunya bagi para ibu juga harus mengerti materi dan informasi ini. Saya sangat mendukung kegiatan pelatihan ini, dan saya harapkan agar kegiatan ini dari tahun ke tahun semakin maju dan harus rutin dilaksanakan agar keselamatan balita bisa dimaksimalkan.” ujar Bhabinkamtibmas Dea Ngetal.

Di samping itu, dalam pelaksanaanya, seluruh kegiatan mulai awal acara hingga akhir acara berjalan dengan aman, lancar, terkendali.