Waka Polsek Pogalan Hadiri Upacara Sumpah Pemuda di SMKN 1 Pogalan

Polres Trenggalek – Dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda 1928, seluruh perwakilan instansi wilayah Pogalan berkumpul di SMKN 1 Pogalan untuk melaksanakan upacara Sumpah Pemuda yang ke-89 pada hari ini Senin 30 Oktober 2017 pukul 07.30 Wib. Senin (30/10).

Upacara Sumpah Pemuda ini dihadiri oleh seluruh Kepala Desa wilayah Pogalan, siswa-siswi SMKN 1 Pogalan beserta guru, perwakilan dari Koramil Pogalan, Polsek Pogalan oleh Waka Polsek Pogalan IPTU Kaelani, dan perwakilan dari instansi lain.

Hari Sumpah Pemuda Indonesia yang jatuh pada tanggal 28 Oktober 1928 merupakan salah satu tonggak penting dalam sejarah Indonesia. Sumpah Pemuda harus dimaknai oleh para pemuda-pemudi Indonesia sebagai semangat untuk mempererat dan mempersatukan bangsa Indonesia dari beragamnya budaya, agama, dan bahasa.

Di samping itu dalam pelaksanaannya, seluruh peserta upacara mengikuti setiap rangkaian dengan penuh khitmat. Para petugas upacara Sumpah Pemuda 2017 di SMKN 1 Pogalan ini sudah jauh-jauh hari melakukan persiapan dan latihan secara matang sehingga pada hari ini upacara berlangsung dengan lancar tak kurang suatu apapun.

Meskipun panas matahari menyengat kulit dan kepala, para peserta upacara tetap tegak sigap dalam mengikutinya. Pelaksanaan upacara ini menjadi salah satu cara untuk menghargai peristiwa pada zaman dahulu ketika penjajahan. Para pemuda Indonesia terus mengobarkan semangat tanpa henti-hentinya untuk Indonesia tercinta ini.

Waka Polsek Pogalan IPTU Kaelani mengatakan bahwa pada upacara ini yang merupakan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-89 diharapkan bisa merangkul seluruh siswa-siswi SMKN 1 Pogalan sebagai muda-mudi Indonesia agar sadar akan pentingnya partisipasi pemuda untuk membangkitkan kesatuan Indonesia sehingga disaat Indonesia tertimpa masalah, maka para pemuda Indonesia maju dengan membawa api semangat perjuangan dalam mengatasi masalah tersebut tanpa memecahkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.