Bhabinkamtibmas Dampingi Validasi Calon Peserta PKH (Program Keluarga Harapan)

Polres Trenggalek – Bhabinkamtibmas Desa Ngadimulyo Polsek Kampak Polres Trenggalek Bripka Murtopo mendampingi kegiatan dari dinas sosial kecamatan Kampak dalam kegiatan validasi calon peserta PKH bertempat dibalai desa Ngadimulyo Kampak Trenggalek, Senin (13/11/2017).

Program Keluarga Harapan (PKH) adalah program pemberian uang tunai kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) berdasarkan persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan dengan melaksanakan kewajibannya. Program semacam ini secara internasional dikenal sebagai program conditional cash transfers (CCT) atau program Bantuan Tunai Bersyarat. Persyaratan tersebut dapat berupa kehadiran di fasilitas pendidikan (misalnya bagi anak usia sekolah), ataupun kehadiran di fasilitas kesehatan (misalnya bagi anak balita, atau bagi ibu hamil).

Tujuan PKH (Program Keluarga Harapan) tersebut adalah meningkatkan kemampuan Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) untuk mengakses/memanfaatkan pelayanan pendidikan dan kesehatan, meningkatkan status kesehatan dan gizi ibu hamil/nifas dan anak dibawah 6 tahun dari RTSM, meningkatkan angka partispasi pendidikan anak – anak (usia wajib belajar SD/SMP) RTSM serta meningkatkan kondisi sosial ekonomi RTSM. Disamping itu manfaat yang diharapkan dari program PKH tersebut agar Merubah perilaku keluarga sangat miskin untuk memberikan perhatian yang besar kepada pendidikan dan kesehatan anaknya, untuk jangka pendek memberikan income effect kepada rumah tangga miskin melalui pengurangan beban pengeluaran rumah tangga sangat miskin, untuk jangka panjang dapat memutus ratai kemiskinan antar generasi melalui peningkatan kualitas kesehata/nutrisi, pendidikan dan kapasitas pendapatan anak dimasa depan (price effect anak keluarga sangat miskin) dan memberikan kepastian kepada si anak akan masa depannya (insurance effect), mengurangi pekerja anak, serta yang terakhir untuk mempercepat pencapaian MDGs (melalui peningkatan akses pendidikan, peningkatan kesehatan ibu hamil, pengurangan kematian balita, dan peningkatan kesetaraan jender).

“Semoga dengan validasi calon peserta PKH di desa Ngadimulyo ini tepat sasaran serta dapat membantu meningkatkan ekonomi masyarakat agar ditahun mendatang mereka bisa mandiri dan tidak tetap menjadi peserta PKH” ujar Bripka Murtopo Bhabinkamtibmas desa Ngadimulyo Polsek Kampak Polres Trenggalek.