Kedekatan Bhabinkamtibmas Terhadap Santriwan dan Santriwati TPQ Mushollah Baitul Muttadien

Polres Trenggalek – Bhabinkamtibmas desa Timahan Polsek Kampak Polres Trenggalek Brigadir Puguh, R, SH melaksanakan kunjungan terhadap para santriawan dan santriwati di TPQ Mushollah Baitul Muttadien desa Timahan Kampak Trenggalek, Senin (13/11/2017).

Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) adalah lembaga pendidikan atau pengajaran islam untuk anak-anak usia sekolah dasar (6-12 tahun) yang menjadikan santri mampu membaca Al-Qur’an yang baik dan benar sebagai target pokoknya, serta mengajarkan pendidikan agama Islam dimana usaha yang dilakukan untuk membimbing, mengarahan peserta didik agar terjadi perubahan perilaku yang menggunakan dasar-dasar ajaran Islam, sehingga akan terbentuk pribadi peserta didik yang memiliki akhlak mulia dan bermanfaat dalam kehidupannya baik di dunia maupun akhirat.

Tujuan penyelenggaraan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) dalam pandangan human adalah untuk menyiapkan anak didiknya agar menjadi generasi muda yang Qur’ani. Komitmen dengan Al-Qur’an dan menjadikan Al-Qur’an sebagai bahan bacaan dan pandangan hidup sehari-hari.

“Orang  terbaik di antara  kalian adalah orang yang mempelajari Al Qur’an dan mengajarkannya” [HR. al Bukhari dari Utsman bin Affan r.a]. Hadits di atas menjelaskan kepada kita betapa mulianya derajat  orang yang mempelajari dan mengajarkan Al Qur’an, yakni sebagai orang terbaik. Oleh karena itu, apabila kita (para orang tua muslim) menghendaki anak-anak kita menjadi anak yang shalih dan shalihah,  sudah selayaknya kita  memberikan pelajaran “Al Qur’an” sebagai pelajaran ”pertama” dan “utama” kepada anak-anak kita.

”Semakin intensif anak-anak mendengar bacaan Al Qur’an setiap harinya, secara konsisten dan kontinu,  maka hafalan Al Qur’annya  akan semakin mudah dan semakin cepat. Sehingga tidak mustahil anak-anak bisa hafal Al Qur’an 30 juz sebelum mereka beranjak dewasa. Sebagaimana para ulama dan ilmuwan muslim di masa kejayaan Islam, mereka pada umumnya sudah hafal Al Qur’an di usia anak-anak, bahkan ada yang sudah hafal sebelum usia 10 tahun. Subhanallah, luar biasa” ujar Brigadir Puguh R, SH Bhabinkamtibmas desa Timahan Polsek Kampak Polres Trenggalek.