Rapat Koordinasi Tiga Pilar Plus terkait STBM Wujudkan Program Desa ODF

Polres Trenggalek_Bertempat di Balai desa Siki dilaksanakan kegiatan Rapat koordinasi Desa dalam rangka program sanitasi total berbasis masyarakat (STBM) mewujudkan kemajuan Desa dalam program ODF di Desa Siki. Senin 13/11/2017.

Hadir dalam acara Kepala Desa Siki diwakili Sekdes Sdr.Suradi, Kepala Puskesmas dongko dr.Singgih, Petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Trenggalek Sdr.Yajid Menan, Babinkamtibmas Desa siki,Babinsa Desa Siki,Perangkat Desa (Kasun) Siki, Ketua RT sasaran ODF sebanyak 16 orang.

Dalam sambutannya Kepala Desa Siki (Sdr.Panijo diwakili Sekdes Sdr.Suradi) mengatakan permintaan maaf terkait Kepala Desa tidak bisa hadir langsung karena ada undangan di tiga tempat.
“Masyarakat sangat mendukung program ODF semoga ke depan program ODF bisa membuat lingkungan dan masyarakat desa yang sehat.” ucapnya.

Arahan dari Petugas Dinas Kesehatan Sdr.Yajid Menan menyampaikan Desa Siki dalam melaksanakan program Rakordes ODF harus saling kerja sama (gotong royong) dari Tomas,Toga,Tosa dan warga masyarakat.” Kepala Desa bersama tiga pilar agar survei kelapangan untuk di evaluasi terkait dengan program ODF.” tukasnya.

Untuk menuju masyarakat sehat maka harus ditunjang dengan lingkungan yang sehat. Dan Dinas Kesehatan dan Puskesmas sifatnya hanya pemicuan program agar masyarakat sendiri lebih peduli tentang lingkungan yang sehat.
“Teknis pembuatan sanitasi sudah ada cara tersendiri dan alat yang digunakan sudah disediakan oleh Puskesmas Dongko, dengan cara gotong royong maka warga masyarakat Desa Siki bisa ODF pada akhir Desember 2017.” tutur Yajid Menan.

Kepala Puskesnas dongko dr.Singgih menambahkan untuk program Rakordes Desember akhir 2017 harus sudah ODF.
“Kesehatan itu di mulai dari kita sendiri maka dari itu kita harus jaga diri kita sendiri mulai dari membuang sampah pada tempatnya.” tambah dr. Singgih.

Babinsa Desa Siki Sertu Dirwono merespon sangat setuju serta mendukung atas program pemerintah yang telah diamanatkan dan kami tiga pilar akan membantu sekuat tenaga agar sukses program STBM menuju Desa ODF. Tegasnya.

Kapolsek Dongko Polres Trenggalek AKP Tri Basuki,S.H., melalui Bhabinkamtibmas Desa Siki Bripka Heri Cahyono menyampaikan agar dalam pengembangan STBM untuk rumah tangga hendaknya didukung dari masyarakat yang membutuhkan lingkungan sekitar yang bersih dan sehat.
“Untuk pembangunan STBM bagi keluarga miskin dan kurang apabila ingin dibantu dengan bantuan pemerintah hendaknya lahannya dipersiapkan dan harus melalui musyawarah mufakat supaya tidak ada gejolak dikemudian hari.” Pungkasnya.

Selama kegiatan Rakordes ODF berjalan lancar tertib aman dan terkendali serta diakhiri dengan penandatanganan komitmen bersama bahwasanya Desa Siki dalam akhir Desember sudah menjadi Desa ODF.