Bhabinkamtibmas Hadiri Kegiatan Open Defecation Free

Polres Trenggalek_Kegiatan yang ada di desa binaan bhabinkamtibmas harus hadir, kali ini  kegiatan sanitasi total berbasis masyarakat (STBM) mendukung kemajuan dan Suksesnya program ODF ( Open Defecation Free) yang di laksanakan di balai desa Pringapus, Tiga pilar plus beserta seluruh komponen masyarakat pendukung hadir dalam acara tersebut. Selasa (14/11/2017).

Acara STBM menuju Desa ODF tersebut dengan nara sumber petugas dari dinas kesehatan Kabupaten Trenggalek dan Dokter Puskesmas Dongko.

Sambutan Kepala Desa Pringapus Sdr. Tamsi mengatakan permintaan penjelasan mendetail tentang ODF agar masyarakat faham betul akan kesehatan lingkungan.
“Kami sangat mendukung program ODF semoga ke depan program ODF bisa membuat desa yang sehat, dan butuh Komitmen bersama serta kerja bersama untuk menuju ODF.” tukasnya.

Dalam penjelasannya petugas Dinas Kesehatan Trenggalek yang disampaikan dr. Obaidilah mengharapkan seluruh elemen masyarakat yang kali ini terfokus pada dusun gejagan,picis, dan dawung.
” Dalam program Sanitasi total berbasis masyarakat menuju suksesnya Desa ODF,  yakni perlu adanya peran aktif semua pihak yakni tiga pilar dan juga pemuda serta tokoh agama di harapkan mendukung program tersebut, diharapkan segera survey kelapangan untuk bahan evaluasi program ODF.” tegasnya.

Dokter Puskesmas dongko dr. Denta
menambahkan untuk program rapat koordinasi desa diharapkan akhir tahun 2017 seluruh Desa Pringapus harus sudah ODF.
“Dengan cara gotong-royong segenap warga serta kepedulian seluruh lapisan masyarakat serta peningkatan himbauan kepada masyarakat, bahwasanya sangat penting membuat sanitasi ataupun jamban sederhana yang sehat dirumah, lingkungan yang sehat membuat masyarakat menjadi sehat.” imbuhnya.

Bhabinkamtibmas Desa Pringapus Bripka Agung Wahyuliono dalam kesempatan itu tak lupa juga menyampaikan pesan-pesan kamtibmas, agar masyarakat desa Pringapus menjaga persatuan,jangan mudah terprofokasi tentang isu apapun, giatkan pos kamling dan tidak kalah pentingnya diharapkan ibu-ibu apa bila memakai perhiasan jangan berlebihan mengingat beberapa waktu telah terjadi kejahatan dengan modus hipnotis (gendam) sehingga tidak menjadi sasaran pelaku yang tidak bertanggung jawab.

Kepala Kepolisian Sektor Dongko Polres Trenggalek AKP Tri Basuki,S.H di tempat terpisah mengharap seluruh bhabinkamtibmas selalu mengikuti program yang ada di desa binaan sehingga mengetahui secara langsung juga mendukung demi kemajuan desanya juga tidak kalah pentingnya kamtibmas terjaga keamanan dan ketertiban.