Wakapolsek Karangan Hadiri Sosialisasi Lintas Sektor Program Pelayanan Kesehatan Tradisional

Polres Trenggalek – Dalam rangka menindaklanjuti surat dari dinas kesehatan Kabupaten Trenggalek  Wakapolsek Karangan Polres Trenggalek IPTU Mujiono S.H. menghadiri sosialisasi lintas sektor program pelayanan kesehatan tradisional bertempat di Aula Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek, Selasa (14/11).

Hadir dalam acara tersebut Forkopimka Kecamatan Karangan,Kepala Puskesmas Kecamatan Karangan, Kapala desa Se-Kecamatan Karangan, Ketua TP PKK Kecamatan Karangan serta para tokoh masyarakat di wilayah Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek adapun pemateri adalah dari dinas kesehatan Trenggalek menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Trenggalek Pelayanan Kesehatan Tradisional telah dituangkan dalam Undang-Undang  RI No. 36 tahun 2009 yang menyebutkan bahwa Pengobatan Tradisional merupakan bagian sub sistem Upaya Kesehatan sedangkan Kepmenkes RI Nomor 1076/Menkes/SK/VII/2003 tentang Penyelenggaraan  Pengobatan Tradisional dan Kepmenkes No 1/2010  tentang  Saintifikasi jamu berbasis  pelayanan.

Adapun Pelayanan Kesehatan Tradisional adalah pengobatan dan atau perawatan dengan cara dan obat  yang mengacu pada pengalaman dan ketrampilan turun temurun secara empiris  yang dapat dipertanggungjawabkan dan diterapkan sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat ,sedang jenisnya yaitu Pelayanan Kesehatan Tradisional Ketrampilan dan Pelayanan Kesehatan Tradisional Ramuan,sedangkan tujuan dibidang kesehatan diantaranya menanggulangi  kemiskinan dan kelaparan menurunkan angka kematian anak,meningkatkan kesehatan Ibu dan sebagainya.

“Mari kita bersama-sama mewujudkan pelayanan kesehatan tradisional yang dapat dipertanggungjawabkan manfaat dan keamanannya bagi kesehatan serta tidak bertentangan dengan norma agama dan budaya yang ada di Indonesia”ungkap pemateri Dinas Kesehatan Kabupaten Trenggalek

Sementara itu ditempat  terpisah Wakapolsek Karangan Polres Trenggalek IPTU Mujiono S.H. saat dihubungi mengatakan”Dalam pelaksanaan sosialisasi lintas sektor terkait  program pelayanan kesehatan tradisional  bertempat  di Aula Kecamatan Karangan yang di hadiri Forkopimka Kecamatan Karangan  Kabupaten Trenggalek  sampai akhir acara berjalan dengan aman dan kondusif”tuturnya