Disambut Tarian Rampak Barong, Begini Meriahnya Sertijab Kapolres Trenggalek

Polres Trenggalek – Serah terima jabatan Kapolres Trenggalek yang digelar hari ini berlangsung meriah. Ratusan personel Kepolisian menyambut kedatangan AKBP Didit Bambang Wibowo S, S.I.K, M.H. di sepanjang jalan Brigjen Soetran Trenggalek. Tak ketinggalan, tarian khas Trenggalek Rampak Barong yang ditarikan oleh belasan remaja lengkap dengan Barongan turut menyemarakkan sekaligus sebagai ungkapan selamat datang, Jumat (01/12).

Memasuki halaman Mapolres, sudah disiagakan satu peleton pasukan pedang pora melengkapi prosesi Sertijab (Serah terima jabatan) orang nomor satu di jajaran Polres Trenggalek ini dan disambut langsung oleh pejabat lama AKBP Donny Adityawarman, S.I.K., M.Si.

Acara seremonial dilanjutkan dengan laporan kesatuan atau yang biasa disebut Lapsat yang diikuti oleh pejabat utama Polres Trenggalek, para Kapolsek jajaran dan perwira staf.

Dalam paparannya yang dikemas apik menggunakan video, AKBP Donny menjelaskan bahwa selama 11 bulan menjabat situasi dan kondisi Kamtibmas Kabupaten Trenggalek dalam keadaan aman, tertib dan terkendali. Angka ungkap kasus terbilang cukup tinggi mencapai 80% naik 6% dibanding tahun 2016 sebanyak 74%. Beberapa kasus besar yang berhasil diungkap antara lain penipuan penggandaan uang Dimas Kanjeng Gentong, penyelundupan benih lobster, penipuan kupon berhadiah, curat spesialis pengusaha dan curat di beberapa sekolah.

Sementara itu untuk mendukung program Promoter Kapolri dan Patuh Polda Jatim, AKBP Donny telah menggelar beberapa program unggulan diantaranya ACT (Anjungan Cerdas Terintegrasi), Command Center, Patroli gentong dan patroli sambang duka.

“Program unggulan tersebut pada dasarnya adalah wujud kepedulian Polri dalam rangka peningkatkan pelayanan kepada masyarakat Trenggalek” ungkap AKBP Donny.

Menanggapi hal tersebut, AKBP Didit Bambang Wibowo S. S.I.K., M.H. menuturkan, sebagai pejabat baru pihaknya akan melanjutkan program-program yang telah digagas Kapolres sebelumnya dengan menambahkan sentuhan dan nuansa yang terbarukan.

“Salah satu aspek keberhasilan sebuah organisasi terletak pada kualitas sumberdaya manusianya. Apa yang telah di laksanakan selama ini akan kita teruskan dengan modifikasi tagline Galek Klik yakni Komitmen, Loyalitas, Integritas dan Kompetensi” jelas AKBP Didit.

Suasana sedih dan haru nampak tergambar saat anggota Polres Trenggalek mengiringi AKBP Donny beserta ibu meninggalkan halaman Mapolres. Beberapa anggota dan Bhayangkari terlihat tak kuasa menitikkan air mata saat bersalaman dengan perwira menengah yang terkenal dengan motto Peduli dan Militan ini.

Sekedar diketahui, sesuai dengan Telegram Kapolri Nomor : ST/2755/XI/2017 tanggal 16 Nopember 2017, AKBP Donny Adityawarman, S.I.K., M.Si dipindahtugaskan sebagai Kapolres Banyuwangi digantikan oleh  AKBP Didit Bambang Wibowo S, S.I.K.,  M.H. yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubbagkapta Bagpangkat Robinkar SSDM Polri.