Sambang Duka Sebagai Wujud Representasi Negara di Tengah Masyarakat.

Polres Trenggalek – Apa yang di laksanakan oleh Bhabinkamtibmas dan  Babinsa Desa Karangsoko Kecamatan Trenggalek ini memang patut di apresiasi. Bagaimana tidak kedua petugas beda instansi ini datang  melayat bersama – sama saat mendengar salah satu warga binaannya meninggal dunia.

Dengan masih menggunakan seragam dinas kebanggaannya Bhabinkamtibmas Desa Karangsoko Bripka Devit Dwi Hendri S. melaksanakan sambang duka bersama Babinsa Serda Agus Ubaidillah ke rumah duka warga binaanya yang meninggal dunia . Minggu (03/11).

Warga yang meninggal  tersebut yakni Almh. Winarti yang familiar di lingkungannya dengan sebutan Jenggo RT. 12 Dusun Sukobanteng desa Karangsoko, meninggal karena sakit diabetes.

“Ini sebagai rasa empati yang bisa kami berikan kepada masyarakat, apalagi saat warga sedang mengalami kesusahan seperti ini”, ujar Bripka Devit.

Senada dengan yang di ungkapkan oleh Serda Agus “Sudah menjadi kewajiban kami hadir di tengah masyarakat sebagai ungkapan belasungkawa, bagaimanapun kami adalah bagian dari warga desa Karangsoko”,ujarnya.

Bukan itu saja kedua aparat ini juga nampak berada di barisan paling depan mengawal rombongan warga hingga menuju ke pemakaman umum. Dengan menggunakan motor dinas masing – masing mengantarkan hingga sampai ke lokasi pemakaman sekaligus membantu pengaturan lalu lintas agar kendaraan yang melintas berhenti sejenak.  Anggota yang berdinas sehari hari di Satbinmas Polres Trenggalek dan Koramil 0806/1 Trenggalek tersebut  juga ikut berbaur dengan warga mengikuti prosesi pemakaman yang di pandu oleh perangkat desa (modin) setempat.

“Pengawalan kepada jenazah kami berikan mengingat karena pasti adanya warga sekitar yang ikut mengantarkan hingga sampai ke lokasi pemakaman, apalagi melalui jalur jalan raya. Supaya aman”, ujar Bripka Devit.

Sementara Kasat Binmas Polres Trenggalek AKP Suyono oleh , S.H.,M.Hum saat di konfirmasi menuturkan bahwa kegiatan sambang duka ini bukan kali pertama yang di lakukan oleh Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa atau biasa yang di sebut dengan tiga pilar Desa. Sambang duka memang sudah menjadi  program dari Kepolisian dan menjadi kewajiban sesama untuk saling membantu dan memberikan pelayanan lebih kepada masyarakat terlebih untuk mendekatkan antara tiga pilar Desa dengan masyarakat binaannya.

“Kegiatan sambang duka merupakan bentuk kehadiran anggota Kepolisian di tengah kegiatan kemasyarakatan yang bersinergi dengan Kepala Desa dan Babinsa dengan mengunjungi warga yang sedang berduka. Selain untuk menunjukan rasa empati juga sebagai wujud represantasi Negara di tengah masyarakat”, ujar Kasat Binmas AKP Suyono. (dev).