Wakapolsek Gandusari Arahkan Anggota Perguruan Silat Pagar Nusa

Polres Trenggalek – Wakapolsek Gandusari bersama lima anggota telah menghadiri dan pengamankan anggota perguruan pencak silat Pagar Nusa (PN) ranting Gandusari yang melaksanakan kegiatan ujian kenaikan tingkat yang bertempat di lapangan Desa Wonorejo, Kecamatan Gandusari, Trenggalek, minggu (03/12/2017).

Hadir dalam kegiatan tersebut kurang lebih 130 orang antaralain Wakapolsek Gandusari Polres Trenggalek Ipda Sumitro S.H, bersama lima anggota, ketua pelaksana kegiatan ujian kenaikan tingkat anggota perguruan silat PN ranting Gandusari Saudara Alwi, para peserta anggota perguruan silat PN ranting Gandusari yang mengikuti kenaikan tingkat sebanyak 90 orang terdiri laki laki 84 dan perempuan 6 orang., untuk simpatisan 40 orang.

Pelaksanaan ujian kenaikan tingkat Perguruan silat PN ranting Gandusari di lapangan Desa Wonorejo di awali dengan kegiatan pemanasan lari sejauh dua kilo meter, selanjutnya berkumpul di tengah lapangan dan sebelum kegiatan dilanjutkan para peserta diberikan pengarahan oleh Wakapolsek Gandusari Ibda Sumitro S.H.

Pengarahan Wakapolsek Gandusari pada para peserta ujian kenaikan tingkat Perguruan Silat Pagar Nusa Ranting Gandusari yang intinya mengucapkan salam. menyampaikan himbauhan kamtibmas agar anggota perguruan silat saling menjaga kerukunan antar perguruan maupun dengan perguruan silat yang lainya. Menyampaikan kepada seluruh anggota perguruan silat tidak boleh arogan dan bisa menjadi pelindung masyarakat.

“Sebenarnya Bela diri atau memiliki ketrampilan silat itu bukan untuk mencari musuh, tidak diperbolehkan bersikap arogan dengan ugal ugalan di jalan, berkendara memenuhi jalan raya, tidak boleh melakukan penganiayaan, tidak boleh merusak tugu pal simbul perguruan silat lainya. Yang benar mestinya ibarat seperti tanaman padi itu, makin tambah ilmu atau makin padat isinya padi semakin menunduk seseorang pesilat diharapkan juga demikian, karena tujuan bisa silat atau bela diri itu untuk membela diri bukan mencari musuh atau berbuat kerusakan” ujar Ipda Sumitro Wakapolsek Gandusari.

Wakapolsek Gandusari menambahkan “salurkan ketrampilan silat bela diri saudara dengan kegiatan yang positif misalnya dengan mengikuti perlobaan – perlombaan kejuaraan silat yang resmi, atau dapat menjadi penggerak keamanan di lingkunganya masing masing jika megetahui tindak kejahatan praktekan ketrampilan silat anda dengan bisa menangkap penjahat, tetapi tidak boleh main hakim sendiri” pungkas Ipda Sumitro Wakapolsek Gandusari.