Pertebal Imtaq, Polres Trenggalek Gelar Maulid Nabi Muhammad SAW

Polres Trenggalek – Seperti biasa, setiap hari Kamis seluruh anggota Polres Trenggalek wajib mengikuti kegiatan Bimbingan Rohani dan Mental (Binrohtal) berupa salat dhuha dan yasinan di Masjid Baitul Muttaqin lingkungan Mapolres. Namun kali ini sedikit berbeda. Acara Binrohtal dikemas apik sekaligus memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1439/2017. Tak tanggung-tanggung, pihak panitia menghadirkan KH. M. Yusak, seorang tokoh agama sekaligus Ketua MUI Kabupaten Trenggalek sebagai penceramah, Kamis (07/12).

Sedikitnya 300-an orang anggota hadir mengikuti acara tersebut, diantaranya pejabat utama Polres Trenggalek, para Kapolsek jajaran, anggota Polres dan perwakilan Polsek. Tak ketinggalan ibu-ibu Bhayangkari ikut serta hadir dalam kegiatan tersebut.

Kabagsumda Polres Trenggalek, Kompol Sumilih, SH mengatakan, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini selain bertujuan untuk meningkatkan iman dan taqwa personel juga menjadikan Nabi Muhammad SAW sebagai rujukan dan suri teladan dalam bertindak maupun bertugas.

“Seperti Galek_Klik yang dicanangkan bapak Kapolres, melalui Maulid Nabi Muhammad SAW diharapkan dapat mendorong anggota Polres Trenggalek untuk menjaga komitmen, loyalitas, integritas dan kompetensi dalam bertugas dengan meneladani sikap dan ajaran Nabi Muhammad SAW” ucap Kompol Sumilih.

Sedangkan Ketua MUI Kabupaten Trenggalek KH. M. Yusak dalam ceramahnya mengatakan, aparat Kepolisian dalam bertugas memliki tanggung jawab besar untuk beramar ma’ruf nahi munkar. Amar ma’ruf nahi munkar yang dilakukan polisi, berkaitan mengajak kebaikan, penindakan kejahatan, perintah kebaikan dan mencegah kemunkaran sesuai dengan aturan dan undang-undang yang berlaku.

“Tugas Polisi terkandung tanggung jawab besar beramar ma’ruf nahi munkar yaitu mengajak kebaikan dan mencegah kemunkaran. Jika dilakukan dengan baik dan ikhlas sesuai koridor hukum Insyaallah bernilai ibadah” jelas KH. M. Yusak.

Diakhir acara, Kompol Sumilih, SH menyempatkan diri berpamitan dengan seluruh anggota yang hadir mengingat dirinya akan berpindah tugas sebagai Kabagsumda Polres Kediri Kota. Posisi Kabagsumda akan diisi oleh Kompol Siti Munawaroh, SH yang sebelumnya menjabat sebagai Kabagren Polres Trenggalek. Serah terima jabatan itu sendiri rencananya akan dilaksanakan hari ini di Rupatama Polres Trenggalek.