Kapolsek Durenan Melaksanakan Safari Jum’at Sebagai Sarana Mempererat Tali Silaturohmi Dengan Masyarakat

Polres Trenggalek – Untuk kesekian kalinya Kapolsek Durenan Polres Trenggalek Akp Moch Solichin, SH., bersama anggota melaksanakan kegiatan safari Jum’at ke sejumlah Masjid di wilayah Kecamatan Durenan. Dan pada kesempatan kali ini giliran Masjid Al Mutaqim yang terletak di Dusun Kalipang Desa Kendalrejo Kecamatan Durenan. Jum’at (12/01/2018).

Kegiatan safari Jum’at ini dilaksanakan rutin setiap hari Jum’at dan bergiliran dari Masjid ke Masjid yang ada di wilayah Kecamatan Durenan, dengan tujuan untuk mempererat tali silaturohmi antar masyarakat dengan anggota Kepolisian selain dari itu juga kesempatan bagi Polsek Durenan untuk menyampaikan beberapa himbauan yang terkait dengan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah setempat.

“Kegiatan-kegiatan terkait keagamaan baik safari sholat dzuhur dan safari Jumat ini rutin dilaksanakan oleh seluruh anggota Polsek Durenan. Setiap Jumat kami dan anggota berkeliling dari masjid satu ke masjid lainnya secara bergilir. “ ujar Akp Moch Solichin, SH.

Selesai pelaksanaan ibadah sholat Jum’at Kapolsek Durenan bersama anggota melakukan silaturohmi dan berdialogis dengan takmir Masjid dan para jamaah sholat Jum’at dan menyampaikan himbauan antara lain tentang meningkatkan kewaspadaan mengingat banyaknya aksi kriminalitas, penipuan dengan iming – iming hadiah baik langsung maupun tak langsung melalui HP atau medsos, antisipasi terjadinya curas, curat, dan curanmor (3C), himbauan tertib berlalu lintas di jalan raya, serta himbauan untuk selalu berhati – hati dalam perkembangan medsos sehingga tidak mudah terprovokasi tentang isu – isu yang beredar atau berita yang tidak benar (hoax) untuk selalu mengecek kebenarannya sebelum mengeshare atau menguplod kabar berita tersebut.

“Fenomena para kaum muda kususnya anak sekolah dan pelajar kita yang dengan keterbukaan informasi , serta akses internet yang sedemikian mudahnya bisa kita pagari anak – anak kita dengan ilmu agama supaya tidak melakukan hal – hal yang bisa berdampak hukum atau efek sosial” imbuh Akp Moch Solichin, SH.

Kegiatan tersebut mendapat apresiasi dari takhmir masjid, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta para jamaah yang merasa senang dengan kegiatan safari Jum’at yang dilaksanakan oleh aparat Kepolisian. Kegiatan yang senantiasa hadir di tengah masyarakat untuk memberikan penyuluhan Kamtibmas untuk mewujudkan situasi wilayah hukum Polsek Durenan yang aman dan kondusif.