Kebersamaan Aparat Dan Warga Membuka Akses Jalan

Polres Trenggalek -Batu besar yang berasal dari material akibat bencana alam tanah longsor yang menutup jalan raya Suruh – Pule tepatnya di Km 12 Desa Gamping Kecamatan Suruh berhasil disingkirkan oleh petugas gabungan dari Polsek Suruh Polres Trenggalek, Posramil Suruh, BPBD Kabupaten Trenggalek dan Warga Masyarakat Kamis (11/01).

Kerja bhakti dan gotong royong yang dimulai pukul 06.30 Wib akhirnya bisa membuahkan hasil dengan menyingkirkan batu besar yang menutup akses jalan Suruh – Pule, warga bersama dengan aparat gabungan secara manual memecah batu sedikit demi sedikit sambil menunggu alat berat yang didatangkan oleh dinas PU Kabupaten Trenggalek dan sekitar pukul 09.30 Wib Aparat gabungan bersama sama dengan warga berhasil menyingkirkan batu dari tengah jalan sehingga akses jalan Suruh – Pule kembali normal.

Kapolsek Suruh Polres Trenggalek AKP H Yasir WSD, SH yang berada di lokasi mengatakan bahwasannya jalan raya Trenggalek – Pule sempat lumpuh akibat bencana tanah longsor disertai batu besar yang terjadi pada pukul 19.15 Wib akibat hujan dengan intensitas sedanh yang terjadi dari sore hari hingga malam.

“Petugas gabungan dan warga sekitar sudah berusaha untuk membuka akses jalan sejak semalam tetapi karena terbatasnya peralatan dan kondisi gelap akhirnya kerjabhakti dihentikan dan dilanjutkan pagi ini dan alhamdullilah batu besar dapat disingkirkan ketepi jalan berkat kerjasama dari semua pihak,” kata AKP H Yasir.

Lebih lanjut ia menerangkan bahwa setelah batu yang melintang ditengah jalan berhasil disingkirkan oleh warga alat berat berupa Bego dari Dinas PU Kabupaten Trenggalek tiba dilokasi yang kemudian melanjutkan membersihkan material material yang masih tersisa dilokasi akibat bencana tanah longsor.

Diwilayah Desa Gamping dalam tiga hari terakhir ini sudah ada tiga kali bencana alam berupa tanah longsor tetapi dengan adanya kesiapan dan kesigapan dari semua warga maka bencana alam tanah longsor tersebut tidak sampai membawa korban jiwa.

“Kami menghimbau kepada seluruh warga masyarakat terutama yang tinggal di daerah daerah rawan bencana agar meningkatkan kewaspadaan dan kehati hatian menginggat cuaca yang tidak menentu dan bagi warga yang melintas di jalan Raya Trenggalek – Pule tepatnya di Km 12 agar lebih berhati hatu karena jalan menjadi licin akibat sisa sisa lumpur yang ada dijalan tersebut,” terangnya.