Mendengar Bunyi Knalpot Truck Meraung-raung, Ini Yang Dilakukan Petugas Piket Polsek Dongko

 

Polres Trenggalek_Kondisi geografi wilayah hukum Polsek Dongko Polres Trenggalek semuanya adalah pegunungan. Dengan adanya kondisi tersebut bangunan markas komando Polsek Dongko juga terletak dipinggir jalan tanjakan yang menikung, sehingga hal tersebut memicu hal-hal yang berkaitan dengan masalah angkutan jalan.

Seperti yang terjadi pada hari Jum’at 12/1/2018 sewaktu ada truck yang mengangkut kelapa meraung-raung bunyi knalpotnya. Sontak hal tersebut memicu quick respon petugas piket Polsek Dongko Polres Trenggalek.

Personil piket Polsek Dongko berhamburan keluar mako untuk membantu sopir dan kenek truk tersebut agar tidak lepas kendali karena tidak kuat naik ditanjakan depan mako Polsek Dongko, tampak ada yang membawa batu untuk ganjal roda belakang agar tidak mundur dan ada yang bantu memberikan aba-aba sopir truk untuk mengurangi presneling truck tersebut karena telat mengover.
Terlihat kenek truck yang ternyata seorang perempuan begitu bingung melihat hal tersebut, namun sekejap kemudian sudah teratasi. “Setelah bisa berjalan lagi kenek truk tersebut mengucapkan terimakasih.”

Hal seperti ini seringkali terjadi dan terlihat, sewaktu ada kendaraan melintas di depan mako polsek Dongko dan tidak kuat naik ditanjakan ini, ucap AKP Tri Basuki,S.H., saat dikonfirmasi selesai membantu berikan aba-aba kepada sopir truk.

Sebenarnya jauh-jauh hari setelah jalan raya ini diperbaiki, kami sudah memasang tanda himbauan dan rambu-rambu “Awas rawan kecelakaan, Hati-Hati jalan turunan curam dan Awas Jalan menanjak gunakan gigi satu” namun hal tersebut kadang tidak dibaca para pengendara dan sopir, tandas AKP Tri Basuki,S.H.

“Karena kondisi geografi yang seperti ini bahwasanya didepan mako Polsek Dongko jika dari arah Trenggalek maka turunan curam dan jika dari arah Pacitan maka terdapat tanjakan ekstrem, tak ayal banyak sopir/pengendara yang lalai dengan kondisi tersebut” imbuh Kapolsek dengan tiga balok emas dipundak ini.

Kegiatan semacam ini merupakan  tanggung jawab dan kepedulian Polsek Dongko kepada masyarakat guna terciptanya situasi yang aman dan terkendali, dan juga merupakan salah satu bentuk tugas melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat sudah terjawab,  pungkas AKP Tri Basuki,S.H.