Masyarakat Semakin Sadar Peran Tiga Pilar dalam Menyelesaikan Permasalahan di Tingkat Desa

Polres Trenggalek – Tiga pilar Desa Timahan Kecamatan Kampak bersinergi melakukan penyelesaian masalah warga desa binaan , Sabtu(13/01).

Tiga pilar adalah perbaduan dari personel Polri, anggota TNI dan Kepala Desa yang diberi kewenangan untuk menyelesaikan segala permasalahan di tingkat Desa yang sekiranya permasalan tersebut ringan. Diharapkan dengan problem solving yang dilakukan tiga pilar tersebut bisa memberikan rasa keadilan kepada warga yang mengalami permasalahan.

Senada dengan hal di atas tiga pilar desa Timahan yang terdiri dari Kepala Desa, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa Timahan telah melakukan mediasi dua warga Desa Timahan berinisial IH, 35 tahun dan S, 39 tahun yang mengalami permasalahan hutang-piutang sehingga menimbulkan  kesalahpahaman dari kedua belah pihak.

Setelah dilakukan mediasi kedua warga Desa Timahan tersebut sama-sama menyadari kesalahannya sehingga sepakat untuk menyelesaikan permasalahan secara kekeluargaan. Selanjutnya tiga pilar DEsa Timahan membimbing kedua belah pihak untuk membuat surat penyataan sebagai sarana penyelesaian masalah kesalahpahaman kedua warga Desa Timahan tersebut.

“Mediasi berjalan dengan lancar, keduabelah pihak sudah menyadari kealahannya sehingga dengan dibuatkan surat pernyataan permasalahan tersebut dinyatakan sudah selesai” Ujar Brigadir Puguh Riyanto Bhabinkamtibnmas Desa Timahan.