AKP Tri Basuki,S.H. : Media Sosial Bersaing Dengan Media Konvensional dan Media Mainstream

Polres Trenggalek_Demi terciptanya harmoni antara masyarakat dengan Polri kami senantiasa kobarkan semangat komunikasi kamtibmas untuk memberikan prespektif/sudut pandang kepada masyarakat mengenai dunia maya dan media sosial.

Tampak suasana akrab terjalin antara petugas Polsek Dongko dengan Masyarakat yakni Aiptu Heru Cahyo Widodo bersama Bripka Didik Suseno dan Brigadir Didik Hari Asmoro,S.H., saat cangkruk kamtibmas dengan kawula muda yang saat itu sedang bermain handphone dengan hot spot wifi yang terpasang di warung Kapiten milik Saudara Hariyanto dengan alamat Desa Dongko Kecamatan Dongko. Minggu 14/1/2018.

“Selamat malam Mas… Sedang bermain apa kok kelihatannya asyik banget.?” ucap Aiptu Heru Cahyo Widodo dengan humanis.
“Ini pak sedang selancar di media sosial (medsos) facebook,” jawab salah satu pengunjung yang tidak mau disebut namanya.

Tak lupa Aiptu Heru Cahyo memberikan pesan kamtibmas agar selalu bijak dalam bermedsos. Tolong ya mas… Jangan tebarkan kebencian saat bermedia sosial dengan siapapun, ujar Aiptu Heru.

Sementara ditempat terpisah Kapolsek Dongko Polres Trenggalek AKP Tri Basuki,S.H., menuturkan handphone berbasis android, dunia maya dan Media sosial sepertinya menjadi kebutuhan pokok bagi kaum milenials, ungkanya.

“Dengan adanya hal tersebut Polri menyikapi dengan wabah media sosial yang merupakan sebagai senjata andalan bagi penggunanya karena didasari oleh derasnya keuntungan yang didapat oleh para pelaku pembuat media sosial,” imbuh AKP Tri Basuki,S.H.

Lebih lanjut AKP Tri Basuki,S.H., menyampaikan dalam beberapa kasus, medsos bahkan telah bersaing bahkan menggilas peran media konvensional ataupun mainstream terkait opini publik, selain itu bukan hanya berita positif yang disiarkan medsos namun juga berita bohong (hoaks), berita palsu (fake news), atau informasi negatif lainnya juga disiarkannya, tukasnya.

Karena medsos bisa lebih cepat, mudah diakses dan bisa berinteraksi langsung dengan khalayak, dengan ini kami dari pihak Kepolisian Sektor Dongko Polres Trenggalek menghimbau kepada warganet jika upload status, berkirim pesan dan juga sharing foto di media sosial agar lebih bijak, baik dalam bertutur kata serta lebih obyektif dalam menyikapinya, pungkas AKP Tri Basuki,S.H.