Ipda Sanusi : Amati Yang di Tonton Anak di Telivisi

Polres Trenggalek – Waka Polsek Pule Polres Trenggalek Ipda Sanusi, SH saat memberikan sambutan pada kegiatan upacara hari senin di SD VII Pule. Dalam penyampainya masyarakat khususnya usia anak -anak harus mendapatkan perhatian selama masa tumbuh kembangnya, dengan tujuan memberikan pengawasan disetiap aktifitasnya, Senin ( 12/3/2018).

 

 

Upaya dalam wujud pengawasan bisa dilakukan orang tua dengan turut mendampingi anak dalam menonton acara telivisi tidak perlu menyensornya, akan tetapi yang diperlukan mengambil kesempatan untuk menjelaskan kepadanya tentang berita kriminal. Berita kriminal yang ditanyangkan ditelevisi hanya sepenggal dan sekilas saja, hal ini membuat anak penasaran dan akan mencari tahu informasi itu diluar. Sebelum itu terjadi berilah penjelasan dan informasi dari berita-berita itu. Hal ini dapat mecegah anak untuk mencoba-coba khususnya tentang penyalahgunaan narkoba.

 

 

Lanjut penyampaian Waka Polsek Pule Polres Trenggalek Ipda Sanusi, terdapat banyak alasan mengapa jumlah jam yang diluangkan anak untuk menonton televisi harus dibatasi hanya 2 jam saja. Siaran informasi di televisi yang mendorong pemakaian narkoba adalah salah satu alasannya.memberikan penjelasan tentang bahaya Narkoba dan pengenalanya bila ada suatu acara orang tua bisa menjelaskan.

 

 

Bahaya Narkoba tidak hanya merugikan masalah fisik saja tetapi akan mengalami gangguan mental dan kejiwaan. Sebenarnya narkoba ini merupakan senyawa-senyawa psikotropika yang biasa digunakan dokter atau rumah sakit untuk membius pasien yang mau dioperasi atau sebagai obat untuk penyakit tertentu, tetapi persepsi tersebut disalah artikan akibat penggunaan di luar fungsinya dan dengan dosis yang di luar ketentuan. Apabila disalah gunakan, dapat mempengaruhi susunan syaraf, mengakibatkan ketagihan, dan ketergantungan, karena mempengaruhi susunan syaraf. Dari ketergantungan inilah bahaya narkoba akan mempengaruhi fisik, psikologis, maupun lingkungan sosial.

 

 

“ Dari akibat yang berdampak negatif pada penerus bangsa, mari kita perangi Narkoba sejak usia dini, “ kata Waka Polsek Pule Polres Trenggalek Ipda Sanusi menutup sambutanya.