Hati-Hati Jika Mengambil Uang di Mesin ATM

Polres Trenggalek – Kabar yang beredar disejumlah pemberitaan media massa online tanah air yang menghangat tentang adanya beberapa nasabah Bank yang kehilangan saldo direkeningnya padahal tidak melakukan adanya transaksi keuangan, hal ini mengingatkan petugas Patroli Polsek Pule Polres Trenggalek yang malam ini melalukan pemantauan situasi Kamtibmas di Unit BRI Pule untuk berdialogis dengan warga setelah mengambil uang di ATM, pada rabu malam (14/3).

 

 

Patroli Polsek Pule Polres Trenggalek malam ini dilakukan KSPK Aiptu Joko Nurhadi dan personel lainya Brigadir Yohansyah, SH dengan memarkir sementara mobil strada Patroli di depan Unit BRI Pule dengan melakukan dialogis bersama warga. “ Hati -hati saat mengambil uang dari ATM upayakan Pin yang dimasukan tidak termonitor alat yang dipakai pembobol ATM untuk menguras saldo korbanya, “ kata KSPK Polsek Pule Polres Trenggalek Aiptu Joko Nurhadi dalam penyampaianya.

 

 

Lebih lanjut kata KSPK Polsek Pule Polres Trenggalek Aiptu Joko Nurhadi, pada saat melakukan transaksi pengambilan uang di ATM selalu menutup PIN pad dengan tangan ketika memasukan nomor PIN. Hal ini untuk pengamanan agar PIN tidak termonitor walaupun sudah adanya PIN pad cover yang menutupinya.

 

 

Biasanya pelaku kejahatan dengan modus pembobolan uang nasabah Bank, mereka melakukan kegiatanya dengan sebelumnya memasang kamera pencuri PIN. Alat jenis ini berukuran sangat Kecil dengan kisaran diameter 0,5 – 1 cm yang diletakan disekitar PIN pad cover atau disamarkan pada benda -benda seperti lampu ruangan, speaker dan bagian atas monitor untuk merekam PIN yang dimasukan saat transaksi.