Klarifikasi Adanya Unggahan Himbauan di Medsos Dari Polsek Pule

Polres Trenggalek – Kasi Humas Polsek Pule Polres Trenggalek Bripka Saiful Anwar menyampaikan mengenai Postingan yang diunggah dalam bentuk himbauan Kartoon kesalah satu Media Sosial Face book yang ada ditrenggalek, yang sempat diminta untuk klarifikasi oleh Panwascam Pule pada Selasa kemarin ( 03/04 ). Melalui penjelasan yang disampaikan kepada Panwascam Pule dalam unggahan gambar merupakan visualisasi dari himbauan Kamtibmas pada saat masa Kampanye untuk saling menjaga situasi supaya aman.

 

” Gambar yang diunggah itu merupakan bentuk visualisasi, Pasal 1 angka 21 UU 1 Th 2015 tentang Penetapan Perpu 1 Th 2014 menjadi Undang Undang, kedua Pasal 1 angka 15 PKPU No 4 Th 2017 tentang Kampanye,” kata Kasi Humas Polsek Pule Polres Trenggalek Bripka Saiful Anwar.

 

Dijelaskan, Kampanye Pemilihan, yang selanjutnya disebutKampanye adalah kegiatan menawarkan visi, misi,
program Pasangan Calon dan/atau informasi lainnya,yang bertujuan mengenalkan atau meyakinkan Pemilih.

 

Digambarkan dalam Kartoonya, adanya penyampaian Visi dan Misi dengan tidak mengarahkanya kepada salah satu Visi dan Misi pasangan calon yang berkompetisi dalam Pilkada.

 

Menurutnya, gambar itu merupakan himbauan Kamtibmas sehingga tidak menyebutkan visi dan misi dari salah satu calon. Cuma ada kata -kata ”  jual Visi dan Misi, kemudian didukung dari komentar orang yang telah berkeyakinan dengan calon yang dipilih dengan kata -kata ” Aku pilih yang ini wae, Rek!, yang bisa diartikan kesadaran untuk menggunakan haknya untuk memilih dari salah satu yang diyakini setelah mendapatkan informasi dari VISI MISI.

 

Dalam komentar selanjutnya, adanya kata -kata walaupun pilihan beda yang mengandung arti akan tetap menjaga kerukunan dan jaga situasi yang damai dalam mensukseskan Pilkada. Dan yang terakhir dalam gambarnya menyebutkan ” Yang penting jaga situasi yang aman dalam Pilkada Jatim 2018.”

 

Kegiatan yang disampaikan Kasi Humas Polsek Pule Polres Trenggalek yang disampaikan kepada ketua Panwascam Pule, Eva Marjuni, S Pd.dengan didampingi bidang hukum Heri Siswanto dilaksanakan di ruang Panwascam Pule. Tujuan memberikan klarifikasi yang disampaikan untuk memberikan penjelasan kepada warga yang memaknai berbeda dengan intisari himbauan yang diunggah.

 

Gambar kartun hanya menunjukkan adanya dialog sedangkan isi pesan yang ingin disampaikan cukup jelas, karna visi misi tidak ditulis dan disana tidak ada gambaran calon.

 

” Kemarin belum sempatnya memberikan penjelasan melalui media Sosial sudah keburu postinganya telah dihapus adminnya, ” kata Kasi Humas Polsek Pule Polres Trenggalek Bripka Saiful Anwar.