Asah Kembali Kemampuan Dalmas Polsek Pule Kirim Anggotanya

Polres Trenggalek – Dalam membina dan mengingat kembali gerakan Dalmas siang kemarin setelah pelaksanaan apel di Mapolres Trenggalek pada Rabu ( 04/04 ), personel gabungan dari pengiriman polsek jajaran dan anggota Sabhara Polres melakukan pelatihan Dalmas dengan dikomandoni KBO Sabhara Iptu Sardono, SH. Dari Polsek Pule Polres Trenggalek yang turut hadir dalam latihan dua personel diantaranya Bripka Saiful Anwar dan Bripka Arif Tri Wahyanto.

 

Menurut penyampaian dari KBO Sabhara Iptu Sardono, kegiatan dalam rangka memaksimalkan kemampuan dalam pengendalian massa dilakukan pada minggu pertama dan ketiga setiap hari Rabu. ” Kita melakukan kembali gerakan dalam Dalmas dengan berbagai formasi yang ada, formasi bersaf, formasi berbanjar dan formasi huruf ” U ” yang akan dipraktekan kesempatan sekarang ini, ” katanya sebelum pelaksanaan latihan dengan memberikan arahan sebumnya.

 

Kemampuan dalam Dalmas harus dimiliki anggota Samapta mengingat saat ini musim Pilkada, dengan prediksi -prediksi kerawanan yang bisa muncul akan bisa diatasi dilapangan melalui kemampuan Dalmasnya. Maka dari pentingnya itu, bagi personel yang sudah ada jadwal untuk latihan diharapkan adanya tanggung jawab hadir seperti yang dilakukan personel Polsek Pule Polres Trenggalek dalam kegiatan latihan kemarin.

 

Dilokasi yang sama saat dilkukan konfirmasi perwakilan dari Polsek Pule menyampaikan, ” Kegiatan dalam mengolah kembali kemampuan Dalmas memang Perlu, sehingga apabila adanya kejadian yang mengikutkan orang banyak yang anarki secara sistematis dan terploting dalam kumpulan regu bisa mengatasinya”.

 

Dalam praktek latihan Dalmas siang kemarin melakukan latihan  materi yang meliputi Formasi Dalmas Awal dan Dalmas Lanjut, untuk formasi dalmas awal hanya menggunakan tali dalmas yang diperagakan kosongan ( tidak menggunakan tali) sedangkan untuk formasi dalmas lanjut menggunakan Tongkat dan Tameng yang diperagakan melalui berjalan dengan sikap dorong, selain itu juga ada 2 bagian formasi dalmas lanjut yaitu formasi bersaf dan formasi berbanjar.