Hampiri Pemuda Untuk Ajak Tolak Adanya Berita Hoax

Polres Trenggalek – Media Sosial pada era seperti saat ini sudah seperti halnya sebagai kebutuhan pokok bagi sebagian warga, namun pada saat ini melalui media sosial banyak sekali terjadi penyebaran informasi berbau fitnah, hasutan, maupun hoax di media sosial yang membuat resah berbagai kalangan dan warga masyarakat.

Berangkat dari keresahan adanya keresahan Masyarakat tentang maraknya berita berita bohong (Hoax) yang ada dimedia sosial, jajaran Polsek Suruh Polres Trenggalek sambil melaksanakan patroli dan tatap muka serta dialogis dengan warga selalu menyampaikan himbauan kepada warga untuk bersama sama melawan dan menolak berbagai macam bentuk berita berita bohong (Hoak) yang ada di media Sosial serta menghimbau untuk bermedia sosial secara santun.

Dalam rangka untuk memberikan bimbingan dan penyuluhan tentang bahayanya berita berita bohong (Hoax) yang banyak kita jumpai dimedia sosial, pada sore ini Rabu (04/04) tiga personil Polsek Suruh Polres Trenggalek yang dipimpin oleh Aiptu Sumarji menghampiri para pemuda yang sedang bermain hanphone diwarkop 17 Persen Desa Puru untuk berikan himbauan dan sampaikan pesan pesan kamtibmas.

“Mari kita bersama sama untuk selalu menjaga kerukunan diantara sesama dan tidak mudah untuk menyampaikan hal hal yang bersifat ujaran kebencian baik secara langsung maupun melalui media sosial,” ucap Aiptu Sumarji.

Ia juga menjelaskan bahwasannya dengan menyampaikan ataupun memberikan ujaran kebencian selain akan menyinggung perasaan orang lain, penyampaian ujaran kebencian melalui media sosial juga dapat melanggar UU ITE yang pada akhirnya akan berurusan dengan hukum, dan apabila kita menerima suatu berita yang bersifat provokatif, tidak jelas sumber beritanya hendaknya kita tidak gampang untuk meneruskan berita tersebut kepada orang lain supaya tidak menimbulkan keresahan didalam masyarakat.

“Bagi para pemuda kami minta untuk selalu dapat menjadi pelopor dalam memerangi adanya berita berita bohong (hoax) serta selalu bekerjasama dengan aparat penegak hukum dari Polsek Suruh Polres Trenggalek guna menjaga kondusifitas kamtibmas diwilayah Kecamatan Suruh,” pesan Aiptu Sumarji.

Kapolsek Suruh Polres Trenggalek AKP H Yasir WSD, SH mengatakan bahwa dalam rangka memerangi adanya berita bohong (Hoax),aparat penegak hukum dalam hal ini Polri memerlukan dukungan dari seluruh warga masyarakat terutama para pemuda yang banyak mengunakan media sosial.

“Kami mengajak kepada seluruh pemuda untuk berupaya lebih bijak pada saat menerima suatu berita yang belum tentu kebenarannya serta bersama sama perang melawan berita berita bohong (hoax) yang dapat meresahkan dan menimbulkan terjadinya perpecahan diantara anak bangsa,” kata AKP H Yasir.