Keseimbangan Antara Usaha Dengan Ketentraman Lingkungan

Polres Trenggalek – Aiptu Marjani Bhabinkamtibmas Polsek Pule Polres Trenggalek desa Puyung dalam kegiatan sambang desanya melakukan inventarisir jumlah peternak ayam potong yang ada aktifitasnya, dengan tujuan memberikan pengertian tentang upaya yang bisa ditimbulkan dari adanya usaha peternakan dengan kondisi lingkungan, itu pada Rabu (04/04 ).

Dalam mengantisipasi adanya gangguan situasi Kamtibmas akibat bau yang ditimbulkan dari usaha peternakan, bisa menjadi salah satu faktor tidak terciptanya lingkungan yang kondusif. Dengam melakukan infentarisir jumlah peternak ayam yang ada, memberikan kemudahan dalam mengatasi adanya gejolak lingkungan akibat usaha ternak ayam.

” Yang utama nanti kita sampaikan kepada pengelola peternakan yang ada di desa Puyung, untuk sebisanya mengelola adanya dampak dari limbah kotoran yang biasanya menjadi masalah di lingkungan, ” kata Bhabinkamtibmas Polsek Pule Polres Trenggalek desa Puyung Aiptu Marjani saat dikonfirmasi di balai desa ketika akan merencanakan infentarisir jumlah peternak.

Melalui kegiatan yang dilakukan Bhabinkamtibmas Polsek Pule Polres Trenggalek Aiptu Marjani juga menyampaikan hal yang perlu dalam mencegah bau kotoran ternak, Menghilangkan bau kotoran kandang ternak dengan cara menyingkirkan atau membuang kepenampungan.

Cara ini terbukti efektif dalam waktu sesaat, dan hanya lingkungan kadang saja yang berkurang baunya, sedangkan di area penampungan bau kotoran lebih kuat karena proses fermentasi, terlebih lagi jika tidak tertutup. Cara terbaik untuk menghilangkan bau kotoran ternak yang praktis adalah dengan proses fermentasi agar cepat rusak. Beberapa bahan pengurai limbah organik tersedia di pasaran dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya, semua bisa didapatkan di toko pertanian terdekat dalam bentuk cair dan padat, ataupun serbuk.