Kapanpun Dibutuhkan Bhabinkamtibmas siap Membantu Penanganan ODGJ di Desa BInaan

Polres Trenggalek – Bhabinkamtibmas Desa Timahan Polsek Kampak bersama Babinsa, petugas Pol PP dan perawat jiwa Puskesmas Kampak mendatangi laporan masyarakat bahwa terdapat orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) mengamuk dan meresahkan masyarakat, Jumat(06/04).

Sudah menjadi perhatian bersama bahwa akhir-akhir ini muncul berita di medsos yang belum tentu kebenarannya terkait adanya orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang menyerang ulama di berbagai wilayah di Indonesia. Walaupun berita tersebut belum dipastikan kebenarannya langkah nyata ditunjukkan anggota Polsek guna mengantisipasi adanya ODGJ yang berpotensi meresahkan warga masyarakat.

Senada dengan hal diatas untuk mengantisipasi keresahan masyarakat akibat ulah ODGJ di desa binaan, Bhabinkamtibmas Desa Timahan Brigadir Puguh Riyanto bersama Babinsa, petugas Pol PP Kecamatan Kampak  dan perawat jiwa Puskesmas Kampak walaupun waktu sudah menunjukkan pukul 23.00 WIB masih sigap mendatangi laporan masyarakat bahwa terdapat orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) mengamuk dan meresahkan masyarakat atas nama saudara Dimas warga Rt. 20/06 Desa Timahan Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek.

Bentuk penanganan yang dilakukan yaitu melakukan pendekatan dengan ODGJ tersebut meminta dengan halus agar mau dibawa ke Puskesmas Karanganyar Kecamatan Kandusari untuk dilakukan perawatan medis. Selanjutnya setelah ODGJ tersebut bersedia dibawa ke Puskesmas , Babinsa, Bhabinkamtibmas serta Pol PP Kecamatan Kampak melakukan pengawalan guna memastikan kelancaran ODGJ saat dibawa ke Puskesmas Karanganyar.

Tak ayal sinergitas yang ditunjukkan abdi Negara terebut mendapatkan apresiasi positif dari masyarakat yang telah dibantu , sehingga lingkungan warga menjadi aman dan kondusif.

“Terima kasih bapak-bapak sekalian atas bantuannya, sehingga putra saya saat ini sudah mendapatkan perawatan medis yang memadai” tutur Bapak Karni orang tua dari saudara Dimas.