Saat Kunjungan, Bhabinkamtibmas Ini Berikan Pesan Waspada Hoax

 

Polres Trenggalek – Bhabinkamtibmas merupakan garda terdepan Polri yang berkaitan dengan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (harkamtibmas) sekaligus membimbing dan menyuluh di bidang hukum dan kamtibmas, serta untuk meningkatkan kesadaran hukum (kadarkum) bagi masyarakat.

Untuk itu Bhabinkamtibmas senantiasa lakukan kegiatan antara lain sambang,DDS kewilayah desa binaan secara berkesinambungan.

Seperti yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Desa Watuagung Polsek Dongko Polres Trenggalek Bripka Dian Hengki Ranuseputra saat melaksanakan sambang kunjung dan melihat pemuda desa sedang asyik berselancar dan bermedsos di teras warung yang sedang tutup. Kamis 12/4/2018.

Dalam kesempatan tersebut tampak Bhabinkamtibmas Desa Watuagung Bripka Dian Hengki
menyampaikan pesan terkait bijak dalam bermedia sosial serta tidak membuat ataupun menyebarkan suatu berita yang belum jelas kebenarannya (hoax) ataupun berita yang sifatnya hate speech (ujaran kebencian) yang diunggah ke berbagai media sosial.

Dikatakannya, ” tolong mas… bijaklah dalam menyikapi suatu berita yang belum jelas kebenarannya atau hoax dan janganlah asal dalam mengunggah ataupun menanggapi pemberitaan yang berbau fitnah serta jangan mudah terprovokasi dari suatu berita yang menjurus pada ujaran kebencian maupun SARA.” ucap Bripka Dian Hengki kepada pemuda desa binaannya dengan humanis.

Sementara dikonfirmasi terpisah Kapolsek Dongko Polres Trenggalek AKP Tri Basuki,S.H., menerangkan bahwasanya saat sekarang kita masuk didalam era teknologi dan digitalisasi karena dengan teknologi digital, masyarakat bebas berkomunikasi dengan dan berselancar di dunia maya kapan saja dimana saja. “Namun hal tersebut bagaikan pedang yang bermata sisi berbeda, diantaranya ada sisi positif yang dapat memberikan manfaat akan tetapi di lain sisi terdapat negatif yakni mendatangkan suatu bencana,” terang AKP Tri Basuki,S.H., dengan sungguh.

Ia menambahkan, masyarakat jangan mudah terprovokasi oleh suatu berita bohong, terutama di media sosial yang saat ini sudah sangat mengkhawatirkan, imbuh AKP Tri Basuki,S.H.

” Maka dari itu gunakan medsos dengan bijak dan jangan sampai merugikan sendiri serta orang lain jika mengunggah suatu berita yang berbau fitnah, ujaran kebencian maupun SARA,  karena hal tersebut akan menimbulkan perpecahan dan juga melanggar UU ITE, pungkas AKP Tri Basuki,S.H.