Waspadai Skimming, Patroli Polsek Kampak Cek Mesin ATM

Polres Trenggalek – Patroli yang dipimpin Kanit Reskrim Aipda Sukirno, S.H. melaksanakan pengecekan mesin ATM yang berada di Bank BRI unit Kampak, sebagai langkah antisipasi terjadinya skimming. Minggu (15/04/2018).

Untuk mencegah terjadinya kejahatan perbankan yaitu skimming yang akhir akhir ini marak terjadi dan dibicarakan banyak orang baik melalui media sosial maupun elektronik Kapolsek Kampak Polres Trenggalek Iptu Anwar, S.H. memerintahkan anggotanya melakukan patroli diperbankan yang menyediakan penarikan tunai melalui ATM.

Skimming adalah tindakan pencurian informasi kartu kredit atau debit dengan cara menyalin informasi yang terdapat pada strip magnetik kartu kredit atau debit secara ilegal. Skimming adalah salah satu jenis penipuan yang masuk dalam metode phising.

Banyak kejadian para pelaku mencari target dari mesin ATM yang tidak ada pihak kepolisian atau keamanannya, kemudian pelaku memasang  alat skimmer pada mesin ATM. Melalui alat tersebut para pelaku menggandakan atau menduplikasi data magnetic dan mengkloningnya kedalam ATM kosong. Hal hal demikian yang dilakukan oleh para pelaku yang selama ini terjadi.

“Mari kita waspada setiap orang yang keluar masuk ATM, serta selalu cek lubang kartu dan papan pin untuk mencegah terjadinya skimming, jika menjumpai hal hal yang mencurigakan segera laporkan untuk mendapatkan penanganan secara hukum”, ujar Kanit Reskrim Polsek Kampak Polres Trenggalek Aipda Sukirno, S.H.