Manfaat Retribusi Terminal Bagi Masyarakat

Polres Trenggalek – Ka SPK Polsek Kampak Polres Trenggalek Aiptu Hendro Suyoto melakukan dialogis dengan petugas retribusi terminal kampak. Sabtu (12/05/2018).

Dalam pencapaian pembangunan nasional peranan transportasi memiliki posisi yang penting dan strategi dalam pembangunan, maka perencanaan dan pengembangannya perlu ditata dalam satu kesatuan sistem yang terpadu. Untuk terlaksananya keterpaduan intra dan antar moda secara lancar dan tertib maka ditempat-tempat tertentu perlu dibangun dan diselenggarakan terminal.

Retribusi Terminal adalah pembayaran atas pelayanan penyediaan parkir untuk kendaraan penumpang umum, tempat kegiatan usaha, fasilitas lainnya di lingkungan terminal yang dimiliki dan atau dikelola oleh Pemerintah Daerah. Atau dapat dikatakan Pungutan Retribusi atas jasa pelayanan yang disediakan oleh terminal. Sedangkan Obyek Retribusi Terminal adalah pelayanan penyediaan fasilitas terminal.

Dari dialogis tersebut Aiptu Hendro Suyoto mendapatkan informasi bahwa penarikan retribusi terminal sering mengalami hambatan diantaranya adalah bahwa kendaraan angkutan yang masuk ke terminal sudah banyak berkurang sehingga berkurang pula penerimaan pungutan retribusi serta banyaknya kendaraan pribadi sekarang ini.

“Semoga dengan adanya retribusi, maka pemerataan pada pembangunan dan pendapatan masyarakat akan tercapai yang sekaligus meningkatkan kesejahteraan serta taraf hidup masyarakat, khususnya di terminal Kampak Trenggalek.” Ujar Ka SPK Polsek Kampak Polres Trenggalek Aiptu Hendro Suyoto.