Bhabinkamtibmas Sukokidul Amankan Pertunjukan Seni Jaranan

Polres Trenggalek – Brigadir Yohan Syah salah satu Bhabinkamtibmas Polsek Pule Polres Trenggalek desa Sukokidul, saat memberikan rasa aman dan nyaman salah satu warganya yang mengundang masa banyak di rumahnya dalam pertunjukan seni tradisional tari jaranan, yang dilakukan pada Minggu ( 13/05 ). Pertunjukan seni jaranan dilaksanakan di rumah, Parlin, (
rt/06), ( rw/  02 ), dusun sukorejo desa sukokidul dalam rangka menikahkan anaknya dengan hiburan jaranan ragil kuning dari sukokidul dan mego kartiko dari desa pule.

 

 

Dengan di meriahkan dari penonton yang hadir dalam kegiatan seni jaranan sejumlah ratusan warga, kegiatan dalam pengamanan Bhabinkamtibmas Polsek pule Polres Trenggalek Brigadir Yohan berjalan aman dan lancar. ” Kita amankan jalanya kegiatan warga dalam memberikan dukungan pengamanan adanya pentas seni jaranan di desa binaan, ” kata Bhabinkamtibmas Polsek Pule Polres Trenggalek Brigadir Yohan.

 

 

Dalam kegiatan pementasan seni jaranan yang dilakukan di desa Sukokidul, tidak diherankan adanya pementasan di setiap hajatan warga dikarenakan di desa ini banyak muncul paguyuban seni jaranan yang masih mendukung pelestarian budaya. Salah satunya paguyuban seni jaranan yang terkenal adanya seni jaranan Ragil Kuning di desa Sukokidul.

 

 

Tari jaranan merupakan kesenian yang memiliki asal beragam dan sejarah yang cukup panjang. Kesenian ini lahir saat kerajaan kuno Jawa Timur berdiri sehingga dapat dikatakan bahwa kesenian ini adalah tradisi leluhur dari masyarakat Jawa Timur. Di era modern ini masih ada masyarakat yang melestarikan kesenian daerah yang sudah berumur ratusan tahun untuk mengingat sejarah dan asal usul kita. Kita patut berbangga tentang hal ini, saat banyak orang lain melupakan kesenian ini, kita masih berkesempatan mengenalnya.