Arahan Apel Pagi, Bijaksana dan Jaga Keselamatan Diri Menyikapi Aksi Radikalisme

Polres Trenggalek – Apel pagi yang dipimpin Wakapolsek Kampak Polres Trenggalek Ipda Suswanto, S.H. diikuti anggota polsek dilaksanakan dihalaman Polsek Kampak. Selasa (15/05/2018).

Ipda Suswanto, S.H. saat memimpin apel pagi tersebut menuturkan Radikalisasi telah menemukan momentumnya ketika arus informasi demikian deras. Pemikiran dan ideologi radikal dengan bebas masuk ke masyarakat mengubah cara berfikir mereka yang semula cinta damai dan toleran. Apalagi masih banyak aktor-aktor dan organisasi yang sengaja menyebarkan informasi semacam itu melalui media yang ada terutama media online dan media sosial.

Polisi menjadi sasaran empuk pelaku terorisme, apalagi yang bertugas di tempat terbuka seperti di pos polisi atau di lokasi yang ramai seperti pertokoan dan Mall. Ratusan orang dan kendaraan lalu-lalang serta tidak menimbulkan kecurigaan, memudahkan pelaku teror mendekati polisi sebagai sasarannya.

“Semoga dalam bertugas dilapangan kita selalu dalam perlindungan Allah SWT, ingat tugas pokok kita sebagai pelindung, pelayan, dan pengayom masyarakat, serta jadikan kerja sebagai ibadah, melakukan pekerjaan apa pun yang dihalalkan, tidak menurunkan martabat dan harga diri seseorang, bahkan justru merupakan kemuliaan dan keutamaan. Karena para nabi pun bekerja mencari penghidupan.” Ujar  Wakapolsek Kampak Polres Trenggalek Ipda Suswanto, S.H.

Mengingat ancaman masuknya ideologi radikalisme yang memicu tindakan teror bisa menimpa siapa saja, termasuk keluarga kita, maka penting untuk mulai ikut serta mengantisipasi ancaman ini bersama-sama. Dimulai dari keluarga dan lingkungan terdekat.

Pemerintah dan aparat tugasnya adalah memastikan bahwa ketidak adilan dalam berbagai bidang, dari kesenjangan ekonomi sampai ketidakadilan politik, perlu ditangani dengan lebih baik. Kita perlu mempersempit ruang-ruang alasan melakukan tindakan radikal dengan terror.