Bhabinkamtibmas Desa Salamwates Hadir di Kegiatan Sosialisasi PTSL

 

Polres Trenggalek – Bertempat di gedung serbaguna Desa Salamwates dilaksanakan sosialisasi Program pemerintah PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) tentang proses pembuatan sertifikat tanah. Selasa (15/5/2018)

Hadir dalam kegiatan, Muspika Dongko, Tim PTSL dari BPN Trenggalek, Kepala Desa beserta Perangkat Desa, Ketua BPD dan anggota, Babinsa dan Bhabinkamtibmas desa Salamwates, Perwakilan masyarakat yang hadir 150 orang.

Dalam sambutannya Kepala Desa Salamwates mengucapkan terimakasih kepada Tim BPN yg telah datang ke Desa Salamwates dan memohon agar masyarakat yang dalam kesempatan ini saling mendukung, apabila ada permintaan data untuk pengurusan sertifikat nantinya dari Pokmas agar segera dicukupi, ucapnya.

Sambutan tim prona dari BPN Kepala Seksi infrastruktur dan pertanahan Sdr. Joko Priyanto, diucapkan terimakasih kepada Kepala Desa Salamwates karena berkat beliau program ini sampai ke Salamwates karena sangat getol mengajukan program untuk warganya.
” Program pemerintah yang mana tahun 2024 semua tanah di wilayah Indonesia harus sudah bersertifikat, karena sertifikat untuk menghindari sengketa dikemudian hari” terangnya.

Diharapkan Pokmas nanti diterbitkan Surat Keputusan dari Kepala Desa dan masyarakat saling membantu, jika ingin mengajukan sertifikat melalui program PTSL, ada 4 kriteria tanah yang bisa atau tidak bisa diterbitan sertifikat program PTSL ini :
a. Berkas lengkap di lapangan tdk ada masalah bisa jadi sertifikat,
b. Berkas lengkap tapi dilapangan ada masalah nanti tetep diterbitkan peta bidang tapi proses tdk bisa dilanjutkan menunggu sampai clear baru bisa diterbitkan sertifikat,
c. Tanah yang pemiliknya tidak ada banyak terjadi di kota,
d. Tanah yang sudah bersertifikat tapi kemungkinan sertifikat nya di pinjamkan uang di bank ,hal ini bisa terdeteksi sehingga tidak bisa terbit sertifikat.

Sementara dikonfirmasi terpisah Kapolsek Dongko Polres Trenggalek AKP Tri Basuki,S.H., membenarkan apa yang telah di lakukan Bhabinkamtibmasnya yakni menghadiri dan mengikuti kegiatan di Desa binaannya agar mengetahui setiap hal dimasyarakat, tukasnya.

“Kegiatan seperti ini dilakukan guna memberikan rasa aman dan tercipta situasi kamtibmas yang kondusif”, pungkas AKP Tri Basuki,S.H.