Bhabinkamtibmas Gunakan Komunikasi Sebagai Senjata Andalan

 

Polres Trenggalek – Komunikasi senjata yang paling ampuh dalam bersosialisasi dengan masyarakat, karena tanpa adanya bersosialiasi maka yang ada hanyalah hening seperti patung, tidak ada retorika dalam berkomunikasi.

Demikianlah yang dipedomani para Bhabinkamtibmas Polsek Dongko Polres Trenggalek dalam melaksanakan tugas sebagai abdi masyarakat, yakni selaku pemangku kepentingan membina masyarakat untuk lebih mendekatkan peran Polisi bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat.

Seperti yang dilakukan Bripka Dian Hengki Ranuseputra Bhabinkamtibmas Desa Watuagung Polsek Dongko, saat jagongan dengan warganya seusai melaksanakan shalat Jum’at berjamaah di Masjid Darussalam. Jumat (18/5/2018)

Tampak Bripka Dian Hengki asyik ngobrol, tak lupa diselipkannya pesan kamtibmas.
“Mengingat saat sekarang sering terjadi aksi teror dari kelompok radikal yang tidak berikan toleransi terhadap faham yang berseberangan dengannya, berkaitan hal itu mohon dapatnya masyarakat untuk tidak takut dan tolong jika mengetahui ada suatu ajaran yang dibalut keagamaan yang menyimpang, dimohon segera memberikan informasi ke Polsek Dongko”, ucapnya.

Sementara Kapolsek Dongko Polres Trenggalek AKP Tri Basuki,SH.,saat dikonfirmasi membenarkan bahwasanya Bhabinkamtibmasnya sewaktu dilapangan mampu berkomunikasi untuk berikan pesan selalu waspada terhadap radikalisme dan intoleransi.

Lebih lanjut AKP Tri Basuki,S.H., mengatakan memang Bhabinkamtibmas sebagai ujung tombak Polri dalam menyentuh masyarakat.
Untuk itu Bhabinkamtibmas harus selalu aktif bersosialisasi serta berkomunikasi, karena apa untuk lebih memberikan efek kesadaran baik itu nurani maupun etika dalam bermasyarakat, terangnya.

“Mendekatkan masyarakat untuk menjadi Polisi bagi diri sendiri itu lebih keren daripada yang menjadi Polisi adalah orang lain,  karena apa hal itu sebagai upaya membangun karakter dan kesadaran masyarakat agar selalu peduli akan pentingnya Kamtibmas,” imbuh Tri Basuki,S.H, kapolsek dengan pangkat tiga balok emas dipundak ini.

Dengan berkomunikasi dapat membangun sinergi antara masyarakat dengan Kepolisian hal tersebut demi terciptanya situasi kamtibmas yang aman dan kondusif khususnya di wilayah binaan,  pungkas AKP Tri Basuki,S.H.