Pelatihan Sosialisasi Aplikasi SMS Quick Count

Polres Trenggalek – Seluruh anggota Polsek di jajaran Polres Trenggalek mengikuti pelatihan aplikasi SMS quick count di ruang rupatama Polres Trenggalek. Jum’at (18/05/2018).

Quick count atau hitung cepat hasil dari suatu pemilihan adalah sebuah metode verifikasi hasil yang dilakukan dengan menghitung prosentase hasil pemilihan di TPS (Tempat Pemungutan Suara). Quick Count memberikan gambaran dan akurasi yang lebih tinggi karena quick count menghitung hasil pemilihan langsung dari TPS target

Kegiatan tersebut tampak diikuti seluruh anggota Polsek Kampak yang terlibat saat pengamanan TPS, seperti halnya tampak Kasihumas Polsek Kampak Polres Trenggalek Aiptu Suwarno. Pelaksanaan dibagi beberapa sesi dimana pelaksanaan dibagi beberapa rayon, setiap rayon dibatasi 60 menit pelatihan, dengan tujuan agar seluruh anggota yang terlibat saat pengamanan di TPS memiliki keterampilan dan kecepatan dalam mengirimkan laporan hasil perolehan suara di masing masing TPS yang dijaganya.

Sistem pelaporan melalui SMS dengan nomer yang telah ditentukan, serta dicantumkan kode TPS, jumlah DPT, perolehan suara paslon nomer urut 1 dan 2 serta jumlah suara yang tidak sah.

“Aplikasi ini lebih cepat dan hasil penghitungan dapat segera diketahui, tujuan aplikasi ini adalah mengawal agar pelaksanaan Pilkada Jatim 2018 dapat berjalan jujur dan adil.” Ujar Kasihumas Polsek Kampak Polres Trenggalek Aiptu Suwarno.