Upaya Jaga Keamanan Saat di Bulan Puasa

Polres Trenggalek – ” saat ini memasuki hari pertama puasa dan malam kedua saat pelaksanaan sholat tarawih, diharapkan dalam kegiatan yang mana pemilik rumahnya pergi untuk sholat jamaah barang yang ditinggalkan juga berada aman. Semua terbebas dari ancaman pelaku kejahatan atau pencurian, mengingat biasanya saat situasi puasa kejadian kriminal juga meningkat, ” kata Bhabinkamtibmas Polsek Pule Polres Trenggalek Aiptu Marjani di depan warung mbah Sum, dusun  Kasrepan, desa Jombok pada Kamis ( 17/05 ).

 

Kegiatan dialogis dilaksanakan Bhabinkamtibmas Polsek Pule Polres Trenggalek mengingatkan kepada warga agar meningkatkan kewaspadaan terhadap kejadian kriminal di saat bulan puasa. Dengan mengingatkan kepada warga, akan menggerakkan hati mereka untuk lebih waspada.

 

Selama Ramadhan memang beberapa fenomena kejahatan yang muncul di antaranya copet, tukang geser barang di pasar dan mall, jambret, rampok, hipnotis, dan pencurian rumah kosong,” jelas Bhabinkamtibmas Polsek Pule Polres Trenggalek Aiptu Marjani.

 

Untuk dapat terhindar dari aksi kejahatan tersebut,  memberikan beberapa tips yaitu, Pada kasus pencurian dan perampokan, warga yang ingin menyetor uang ke bank, penyetoran uang hasil SPBU, mengambil gaji karyawan, uang THR dihimbau agar meminta pengawalan kepolisian. Dan untuk pemilik toko emas dan pegadaian diharapkan agar lebih meningkatkan pengamanannya.

 

Lebih lanjut Bhabinkamtibmas Polsek Pule Polres Trenggalek Aiptu Marjani menyampaikan, Untuk kasus pencurian rumah kosong, warga dihimbau untuk lebih meningkatkan pengamanan di lingkungan rumah. Jika akan meninggalkan rumah dalam waktu lama, warga diimbau agar tidak hanya mengunci rumahnya, tetapi juga menitipkan rumah pada  sekuriti tempat tingggal atau tetangga yang tidak mudik.

 

Menghindari tindak pencopetan atau pencurian, warga diimbau untuk tidak menggunakan perhiasan mencolok, menggunakan HP, BB, atau alat komunikasi lainnya di tempat ramai. Karena kondisi itu seolah-olah “mengundang” pelaku untuk melakukan kejahatan.

 

Diharapkan jangan lengah ketika membawa tas, karena bisa saja dijambret. Karena isi tas bisa diambil dengan cara tas disobek menggunakan cutter atau silet. Usahakan tas selalu ada di depan terlebih saat berada di antrian atau berdesakan.